Tak Kalah Ganas, Buaya Purba Ini Jadi Predator Saingan Dinosaurus
2017 / Oktober / 11   14:32

Tak Kalah Ganas, Buaya Purba Ini Jadi Predator Saingan Dinosaurus

Ketika para dinosaurus menjadi predator paling ditakuti di daratan, spesies buaya purba ini menyaingi keganasannya dengan menjadi predator puncak di lautan.

Tak Kalah Ganas, Buaya Purba Ini Jadi Predator Saingan DinosaurusIeldraan melkshamensis—atau dikenal juga sebagai Monster Melksham—sangat mirip dengan spesies yang ditunjukkan dalam ilustrasi ini (Plesiosuchus manselii), yang juga termasuk dalam kelompok Geosaurini. (Fabio Manucci)

Spesies baru reptil laut yang hidup sekitar 163 juta tahun lalu berhasil diidentifikasi dari fosil yang ditemukan di dekat Melksham, Wiltshire, Inggris.

Makhluk yang telah punah ini diberi nama Ieldraan melkshamensis, dan merupakan anggota dari Geosaurini, sub-famili buaya purba. Spesies ini juga kerap dijuluki sebagai "Monster Melksham".

Berukuran panjang sekitar tiga meter, predator ini berburu mangsa-mangsa besar, seperti cumi-cumi purba di lautan dangkal nan hangat di sekitar wilayah yang kini dikenal sebagai Eropa.

"Ieldraan melkshamensis pernah menjadi salah satu predator puncak di lautan Inggris pada era Jurasik, di waktu yang sama, para dinosaurus menguasai daratan," kata Steve Brusatte, ahli paleontologi vertebrata dan biologi evolusioner di University of Edinburgh.

Fosil Monster Melksham yang berupa tengkorak dan rahang bawah tersebut digali dari Formasi Oxford Clay pada tahun 1870-an. Spesimen tersebut kemudian dibeli oleh British Museum dan kini berada di Natural History Museum di London, sebagai bagian dari Koleksi Cunnington.

Gambar fosil Ieldraan ...Gambar fosil Ieldraan melkshamensis, termasuk close-up salah satu gigi khasnya di rahang bawah. (Davide Foffa/University of Edinburgh)

Awalnya, para ilmuwan berpikir bahwa Geosaurini tersebut berasal dari Periode Jurasik akhir, antara 152 dan 157 juta tahun lalu.

Namun, penemuan terbaru yang dilengkapi dengan analisis ulang rinci tentang bukti fosil yang ada menunjukkan bahwa sub-famili ini telah hadir sejak jutaan tahun lebih awal, di Periode Jurasik Tengah.

"Itu bukan fosil tercantik di dunia, tetapi Ieldraan melkshamensis mengungkapkan pada kita kisah yang sangat penting tentang evolusi buaya purba dan bagaimana mereka menjadi predator puncak dalam ekosistem mereka," ujar Davide Foffa, mahasiswa doktoral di University of Edinburgh.

Hasil studi ini kemudian diterbitkan di Journal of Systematic Palaentology