Tak Hanya Melezatkan Makanan, Enam Rempah Ini Juga Menyehatkan Tubuh
2017 / November / 1   10:00

Tak Hanya Melezatkan Makanan, Enam Rempah Ini Juga Menyehatkan Tubuh

Selain dapat meningkatkan cita rasa dan aroma makanan, keenam rempah ini juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tak Hanya Melezatkan Makanan, Enam Rempah Ini Juga Menyehatkan TubuhRempah-rempah. (Thinkstock)

Rempah sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Hampir semua jenis masakan nusantara kaya akan rempah, menghasilkan aroma yang menggugah selera dan membuat masakan menjadi lebih lezat. 

Selain dapat meningkatkan cita rasa dan aroma makanan, rempah juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini empat rempah dengan manfaat luar biasa yang bisa kita temui dengan mudah di dapur.

Lada hitam

Lada hitam mengandung senyawa yang disebut piperin. Studi yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry  mengungkap, piperin dapat membantu menghambat pembentukan sel-sel lemak baru.

Kunyit

Kunyit mengandung senyawa phytochemical curcumin, yang berkhasiat sebagai anti-inflamasi, anti-kanker, dan anti-oksidan. "Saat ini kunyit sedang dipelajari melalui uji klinis pada manusia untuk melawan kanker usus dan pankreas, penyakit alzheimer, dan penyakit darah," ujar Dr. Lipi Roy, dari  Massachusetts General Hospital.

Ketumbar

Ketumbar merupakan rempah berbentuk butiran mirip lada yang memiliki aroma kuat. Rempah yang satu ini memiliki kandungan senyawa yang bersifat anti-inflamasi, anti-bakteri, anti-alergi, dan anti-oksidan.

“Ketumbar kemungkinan juga memiliki senyawa yang dapat membantu mengurangi kecemasan, menurunkan kolestrol serta memperlancar pencernaan,” jelas Dr. Roy.

Sebagian besar manfaat ketumbar tersebut bisa dikaitkan dengan kandungan senyawa fitonutrisi tinggi, termasuk carvone, geraniol, dan linalool, serta flavonoid termasuk quercetin, kamfera, dan apigenin yang terdapat dalam ketumbar.

Kayumanis

Jika Anda merupakan golongan orang yang berolahraga dalam intensitas tinggi, taburan bubuk kayumanis pada makanan akan membuat Anda pulih lebih cepat. Perempuan yang mengkonsumsi satu setengah sendok teh bubuk kayumanis setiap hari selama enam minggu mengalami penurunan nyeri otot yang disebabkan oleh olahraga, demikian menurut penelitian yang terbit di International Journal of Preventive Medicine.

Jahe

Selain dikenal dapat menghangatkan perut, jahe juga bisa membuat Anda merasa lebih kenyang dan bahkan membakar lebih banyak kalori. Studi dalam jurnal Metabolism mengungkap, pria dengan berat badan berlebih yang sarapan ditambah air jahe hangat merasa lebih puas dan makan lebih sedikit sepanjang hari dibanding pria yang makan menu sarapan sama namun dengan air hangat biasa. Selain itu, pria yang minum air jahe juga membakar seitar 40 kalori lebih banyak hanya dengan mencerna makanannya.

Vanila

Ada banyak manfaat sehat yang bisa kita dapatkan di balik keharuman vanili. Menghirup aromanya dapat membantu mengerem hasrat Anda untuk mengudap makanan manis. Orang-orang dengan berat badan berlebih yang menempelkan tampal beraroma vanila selama empat minggu berhasil mengurangi konsumsi makanan manis hingga setengah dari biasanya. Sementara orang-orang yang menempelkan tampal beraroma lemon tidak mengalami perubahan apapun.

“Vanila membantu mengimbangi kenikmatan yang berasal dari makanan manis,” ujar Catherine Collins, R.D, penulis utama studi sekaligus ahli diet di St. Georges Hospital, London.

Untuk mendapatkan efek serupa dan membantu mengurangi konsumsi makanan manis, Anda bisa menyalakan lilin beraroma vanila di dapur atau menggunakan parfum ruangan beraroma vanila.

 

(Lutfi Fauziah)

KOMENTAR