Selain Jeruk, Ini Buah-buahan dengan Kandungan Vitamin C Tinggi
2017 / Oktober / 11   10:29

Selain Jeruk, Ini Buah-buahan dengan Kandungan Vitamin C Tinggi

Selama ini jika ditanya buah apa yang mengandung vitamin C, biasanya kita menjawab,"jeruk". Padahal, jeruk bukanlah buah dengan kandungan vitamin C tertinggi.

Selain Jeruk, Ini Buah-buahan dengan Kandungan Vitamin C TinggiBuah-buahan. (Peangdao/Thinkstock)

Selama ini jika ditanya buah apa yang mengandung vitamin C, yang menjadi jawaban pertama kita adalah buah jeruk. Padahal, jeruk bukanlah buah dengan kandungan vitamin C tertinggi.

Ya, ternyata buah yang mengandung vitamin C paling tinggi adalah buah jambu biji. Kandungan vitamin C dalam jambu biji adalah sebesar 206 mg, lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk yang mengandung vitamin C sebesar 59-83 mg per satu buahnya.

Vitamin C merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel dalam tulang, gigi, kulit, dan jaringan lainnya.

Selain itu, vitamin C juga mempunyai peran lain, seperti membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari sumber makanan nabati, membantu mencegah kerusakan sel sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kanker, dan juga dapat melindungi tubuh Anda dari berbagai infeksi karena vitamin C dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Karena fungsinya yang penting ini, maka tak heran tubuh kita membutuhkan banyak asupan vitamin C dari makanan. Salah satu sumber vitamin C adalah buah-buahan. Tidak hanya jeruk, masih banyak lagi buah yang mengandung vitamin C.

Beberapa buah lain yang mengandung vitamin C adalah:

1. Jambu biji

Jambu biji merupakan buah yang mengandung vitamin C paling tinggi. Seperti yang telah disebutkan di atas, jambu biji mengandung lebih dari 200 mg vitamin dalam satu buahnya, melebihi kandungan vitamin C yang dimiliki oleh jeruk.

Jambu BijiJambu Biji (eattoheal.com)

Selain vitamin C, jambu biji juga mengandung banyak serat. Kandungan serat dalam jambu biji ini juga melebihi kandungan serat yang dimiliki oleh jeruk. Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan serat sebesar 25 gram (untuk wanita) sampai 38 gram (untuk pria) dalam sehari.

2. Pepaya

Setengah buah pepaya mengandung kurang lebih 94 mg vitamin C. Jumlah ini sedikit lebih tinggi dibandingkan kandungan vitamin C dalam buah jeruk. Berdasarkan penelitian, konsumsi buah pepaya dapat membantu mencerahkan kulit dan memperkuat tulang Anda. Hal ini bisa terjadi karena kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah pepaya.

PepayaPepaya (thinkstock)

Selain vitamin C, buah pepaya juga kaya akan serat, vitamin A, vitamin B kompleks (seperti asam folat, vitamin B6, vitamin B2, dan vitamin B1), kalium, dan kalsium. Karena kandungannya ini, tentu pepaya memberi manfaat bagi tubuh, seperti untuk memperlancar pencernaan (serat), menjaga kesehatan kulit dan mata (vitamin A), membantu metabolisme tubuh (vitamin B kompleks), dan mengontrol tekanan darah (kalium).

3. Kiwi

Kiwi mengandung vitamin C sebanyak 84 gram per satu buah. Kandungan vitamin C dalam buah kiwi juga lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan vitamin C dalam jeruk. Kandungan antioksidan dari vitamin C-nya yang tinggi membuat buah kiwi dapat membantu tubuh melawan infeksi dan radikal bebas dalam tubuh.

Buah kiwi. Buah kiwi. (Thinkstock)

Buah kiwi juga mengandung vitamin A, vitamin E, dan vitamin K. Sedangkan, mineral yang terkandung dalam buah kiwi adalah kalium, mangan, zat besi, dan magnesium. Selain itu, buah kiwi juga sebagai sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega 3, di mana omega 3 dapat membantu Anda menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Stroberi

Setengah gelas (125 ml) stroberi mengandung 52 mg vitamin C. Sedikit di bawah kandungan vitamin C dalam jeruk, tetapi stroberi tetap mempunyai manfaat banyak bagi tubuh. Selain vitamin C, stroberi juga mengandung antosianin dan asam ellagic. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi stroberi dapat membantu mencegah Anda dari kanker, penuaan, peradangan, dan penyakit saraf.

Penelitian menunjukkan bahwa ...Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi stroberi dapat membantu mencegah Anda dari kanker, penuaan, peradangan, dan penyakit saraf. (Lara Uhryn/Thinkstock)

Buah stroberi kaya akan antioksidan dan juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E, kalium, mangan, fluor, zat besi, dan iodium, yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh kita. 

5. Nanas

Sebesar 39-49 gram vitamin C terkandung dalam setengah gelas (125 ml) buah nanas. Tidak berbeda jauh dengan kandungan vitamin C yang ada dalam buah stroberi.

Selain vitamin C, buah nanas juga terkenal dengan kandungan bromelain yang ada di dalamnya. Bromelain merupakan enzim pencernaan yang membantu memecah protein dalam makanan dan mengurangi kembung, serta juga dapat bertindak sebagai antiperadangan. Buah nanas juga mengandung vitamin B kompleks dan vitamin A dalam jumlah sedikit.

Selain kaya akan vitamin C, ...Selain kaya akan vitamin C, buah nanas juga mengandung vitamin B kompleks dan vitamin A dalam jumlah sedikit. (Utah778/Thinkstock)

6. Mangga

Lebih sedikit dari kandungan vitamin C yang ada dalam buah-buahan di atas, kandungan vitamin C dalam buah mangga adalah sebesar 29 mg. Selain sebagai sumber vitamin C, mangga juga sebagai sumber vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, kalium, dan tembaga. 

Senyawa antioksidan polifenol ...Senyawa antioksidan polifenol yang terkandung dalam buah mangga terbukti dapat membantu melindungi Anda dari kanker payudara dan kanker usus besar. (Highviews/Thinkstock)

Mangga juga kaya akan serat dan fitonutrien, seperti karotenoid dan polifenol. Senyawa antioksidan polifenol yang terkandung dalam buah mangga terbukti dapat membantu melindungi Anda dari kanker payudara dan kanker usus besar.


Artikel ini sudah pernah tayang sebelumnya di Kompas.com dengan judul 6 Buah-buahan Tinggi Vitamin C Selain Jeruk.

(Wisnubrata/kompas.com)

KOMENTAR