Nangka, Buah yang Mampu Menyelamatkan Jutaan Orang dari Kelaparan
2017 / Oktober / 13   11:52

Nangka, Buah yang Mampu Menyelamatkan Jutaan Orang dari Kelaparan

Buah nangka tentu menjadi buah yang populer bagi kita. Sering kita konsumsi dalam berbagai bentuk. Buah ini juga memiliki potensi penting bagi manusia.

Nangka, Buah yang Mampu Menyelamatkan Jutaan Orang dari KelaparanBuah nangka memiliki banyak manfaat, terlebih lagi buah ini dapat "diproduksi" dalam jumlah banyak dalam waktu yang tidak terlalu lama. (Tsupit_ch/hinkstock)

Nama buah nangka tidaklah aneh di Indonesia. Buah ini cukup sering kita lihat dan makan. Namun tahukah Anda bahwa buah nangka dipuji sebagai buah “keajaiban”?

Ya, buah nangka disebut sebagai buah yang bisa menyelamatkan jutaan orang dari kelaparan.

Mengapa?

Dilansir dari independent.co.uk, nangka adalah buah yang tubuh di pohon terbesar di dunia. Satu buah dapat memiliki berat antara 4,5 kg sampai 45 kg.

Buah ini berasal dari Asia Selatan dan Tenggara. Menurut Nyree Zerege, seorang ahli biologi tanaman di Chicago Botanic Garden, ia telah mempelajari keragaman genetik buah nangka di Bangladesh.

(Baca juga: Buah-buahan Rendah Gula yang Cocok untuk Turunkan Berat Badan)

“Di Bangladesh, nangka adalah buah nasional. Ia sering dianggap sebagai tanaman kedua yang paling penting setelah mangga,” kata Zerega.

Selain itu, pohon nangka menyediakan beberapa hal:

- Daun dari pohon nangka bisa menjadi sumber makanan bagi kambing dan hewan ternak lainnya.

- Kulit kayu itu memiliki warna orange, secara tradisional digunakan sebagai pewarna untuk jubah biarawan.

- Pohon menghasilkan zat lateks lengket yang bisa dijadikan lem.

- Kayu dari pohon bisa juga dijual.

Sementara di India, nangka bisa menjadi banyak makanan bagi jutaan orang yang kelaparan dan kekurangan gizi.

(Baca juga: Jelajah Buah-buahan Tropis nan Sehat)

Itulah sebabnya pohon nangka, yang bisa menanam hingga 150 buah nangka selama dua musim panen setiap tahunnya, sangat penting di negara ini.

Satu buah nangka bisa menghasilkan ratusan lobus buah kecil berwarna kuning yang masing-masing mengandung benih yang sangat bergizi. Buah itu sendiri merupakan sumber vitamin C yang baik. Sementara bijinya kaya protein, potassium, kalsium, dan zat besi, di mana semuanya penting untuk pertumbuhan tubuh. Sekitar seperlima dari satu 0,5 kg buah ini memiliki 95 kalori.

“Buah ini adalah keajaiban. Dia bisa memberi banyak nutri dan kalori,” kata Shyamal Reddy, seorang peneliti bioteknologi di University of Agriculture Sciences di Bangalore, India.

“Jika kita makan 10 sampai 12 lobus dari buah ini, maka kita tidak memerlukan makanan selama setengah hari lagi.”

Terakhir, menurut Organisasi Perburuhan Internasional, satu pohon nangka bisa menghasilkan lebih dari setengah pendapatan rata-rata untuk pekerja India yaitu 295 US Dollar (Rp3,9 juta).

(Baca juga: Mana yang Benar, Makan Buah Sebelum atau Sesudah Makan?)

Artikel ini sudah pernah tayang sebelumnya di Intisari-online dengan judul Nangka, Buah Lezat nan Ajaib yang Bisa Menyelamatkan Jutaan Orang dari Kelaparan

(Mentari Desiani Pramudita/Intisari-online)

KOMENTAR