15 Gejala Kanker yang Sering Diabaikan Wanita
2017 / Oktober / 6   18:00

15 Gejala Kanker yang Sering Diabaikan Wanita

Banyak tanda kanker yang menyerupai gejala penyakit atau kondisi medis lain. Ketahui 15 gejala kanker yang kerap diabaikan oleh para wanita berikut ini.

15 Gejala Kanker yang Sering Diabaikan WanitaAda banyak tanda kanker yang menyerupai gejala penyakit atau kondisi medis lain. sehingga kebanyakan perempuan cenderung mengabaikannya. (Dean Drobot/Thinkstock)

Ada banyak tanda kanker yang menyerupai gejala penyakit atau kondisi medis lain, sehingga kebanyakan perempuan cenderung mengabaikannya. Karena terus dibiarkan, sering kali kanker baru terdeteksi setelah begitu terlambat, alhasil tak banyak yang bisa dilakukan untuk mengobatinya. 

Jika Anda merasakan nyeri tak biasa atau perubahan pada tubuh yang terus berlanjut dan bertambah parah, jangan ragu untuk segera pergi ke dokter dan memeriksakan diri. Semakin dini kanker terdeteksi, semakin besar pula peluang untuk mengobatinya. 

Ketahui 15 gejala kanker yang kerap kali diabaikan oleh para wanita dalam daftar berikut ini.

Pendarahan pascamenopause

"Jika Anda telah mengalami menopause, namun tiba-tiba mengeluarkan darah selayaknya saat menstruasi dan terus berlanjut, itu bisa jadi tanda awal kanker rahim," kata Maurie Markman, ahli onkologi di Cancer Treatment Centers of America. 

Kabar baiknya, menurut American Cancer Society, perempuan yang didagnosa pada stadium 1, saat kanker belum menyebar, memiliki tingkat kelangsungan hidup lima tahun sebesar 88 persen.

Lekukan, perubahan warna, atau perubahan lain pada payudara

Benjolan yang tak biasa pada payudara merupakan tanda umum kanker payudara yang harus diwaspadai perempuan. Selain itu, berbagai perubahan lain pada payudara juga bisa menjadi tanda-tanda kanker. 

Jika muncul lekukan-lekukan pada kulit di sekitar payudara, puting menjadi melesak ke dalam, bengkak, nyeri ketika ditekan, atau perubahan warna kulit menjadi merah gelap atau merah muda, itu harus jadi perhatian.

"Tanda-tanda itu memang belum tentu kanker, tetapi karena itulah mengapa para perempuan menunda mencari pertolongan, sebab mereka berharap tanda-tanda itu bukan apa-apa," ujar Rich Wender, kepala petugas kontrol kanker untuk American Cancer Society.

Kembung

Anda mungkin mengalami kembung selama masa menstruasi. Namun jika kondisi itu bertahan setelah siklus bulanan usai atau Anda mengalami konstipasi berkelanjutan, itu bisa jadi gejala kanker ovarium atau kanker rahim. 

"Jika berlangsung selama beberapa minggu dan tak kunjung membaik, segera temui dokter dan mintalah pemeriksaan seksama," ujar Wender. 

Siklus bulanan abnormal atau nyeri panggul

Siklus bulanan yang tak teratur merupakan hal lazim di kalangan perempuan. Akan tetapi, jika darah yang keluar tiba-tiba menjadi semakin deras dari bulan ke bulan, atau mengalami menstruasi di antara periode, atau mengalami nyeri panggul, segera temui dokter dan mintalah pengecekan USG transvaginal. Hal-hal tersebut bisa menjadi tanda kanker rahim, kanker ovarium, atau kanker vagina lainnya. 

Batuk kronis

Setiap orang yang sedang flu biasanya disertai dengan batuk. Tetapi jika Anda mengalami batuk yang berlangsung tiga minggu atau lebih dan Anda tidak memiliki gejala lain yang biasanya menemani pilek atau alergi, seperti hidung tersumbat, itu bisa menjadi gejala awal kanker paru-paru. Beberapa pasien kanker paru-paru melaporkan nyeri dada yang meluas hingga ke bahu atau bawah lengan. Selain itu, leukemia juga dapat menyebabkan gejala yang tampak seperti bronkitis. 

Sakit perut atau mual

Sakit perut merupakan kondisi umum yang sering terjadi, sehingga mungkin Anda tak akan berpikiran bahwa ini adalah tanda-tanda kanker. Tetapi jika Anda mengalami kram perut yang terus berlanjut atau tiba-tiba mual sepanjang waktu dan tak kunjung membaik, segeralah periksakan diri ke dokter. 

Kondisi-kondisi tersebut bisa saja hanyalah gejala maag, tetapi tidak menutup kemungkinan merupakan gejala leukimia, kanker esofagus, kanker hati, kanker pankreas, atau kanker usus. 

Sering demam atau infeksi

Jika Anda biasanya sehat tetapi menyadari bahwa kini Anda sering sakit atau demam, itu bisa jadi tanda awal leukimia. Leukimia merupakan kanker darah yang dapat memicu tubuh untuk memproduksi sel darah putih secara abnormal, sehingga mengurangi kemampuan melawan infeksi dengan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Perhatikan juga gejala-gejala mirip flu, seperti meriang atau demam, yang tak kunjung sembuh.

Sulit menelan

Sakit tenggorokan bisa membuat menelan makanan menjadi aktivitas yang menyiksa. Akan tetapi jika anda terus mengalami kesulitan menelan makanan selama beberapa minggu dan terus memburuk, segera periksakan diri ke dokter. Ini adalah tanda umum kanker tenggorokan atau perut dan juga bisa menjadi tanda awal kanker paru-paru.

KOMENTAR