Langka Terlihat, Singa Jantan Diusir Betina dari Kawanannya
2017 / September / 14   12:00

Langka Terlihat, Singa Jantan Diusir Betina dari Kawanannya

Video yang diambil di Pilanesberg Game Reserve, Afrika Selatan, menampilkan detik-detik saat dua singa jantan muda diusir oleh singa-singa betina.

Langka Terlihat, Singa Jantan Diusir Betina dari KawanannyaVideo yang diambil di Pilanesberg Game Reserve, Afrika Selatan, menampilkan detik-detik langka saat dua singa jantan muda diusir oleh singa-singa betina. (Latestsightings.com via National Geographic)

Seorang pemandu safari dan beberapa wisatawan sedang menyaksikan seekor singa jantan menyerang zebra di Pilanesberg Game Reserve, Afrika Selatan, ketika tiba-tiba situasi berubah tak terduga. 

Setelah seekor singa betina sukses membunuh zebra yang teluka untuk disantap kawanannya, para singa betina dari kelompok tersebut berbalik melawan dua singa jantan muda. Mereka mengusirnya keluar dari kawanan dan menolak untuk berbagi hasil buruan. 

"Perburuan selesai dalam beberapa saat, dan seluruh anggota kawanan tampak bergabung dalam pesta hasil buruan," kata Rodney Nombekana, sang pemandu safari. "Ada dua singa jantan muda dalam kawanan tersebut, dan keduanya telah mencapai usia ketika mereka sudah harus disingkirkan dari kawanan. Mungkin karena inilah mereka diserang."

Meski setiap singa jantan muda pasti mengalami kejadian ini, namun sangat jarang bisa disaksikan langsung oleh manusia. 

Kedua singa tersebut diusir dari kelompoknya sesaat setelah zebra dibunuh. Adanya pasokan makanan mungkin mendorong para singa betina untuk mengusir dua singa jantan.

Para singa jantan biasanya meninggalkan kawanan mereka saat masih berusia muda dan membentuk kawanannya sendiri. Sering kali, mereka bertarung dengan singa jantan dari kawanan lain untuk mencoba merebut kedudukannya. Tiap-tiap kawanan bisa memiliki hingga tiga singa jantan. 

Sementara itu, para singa betina tetap bertahan dalam kawanan mereka seumur hidup, dan semua singa betina dalam satu kawanan saling terhubung.

(Heater Brady/National Geographic)

KOMENTAR