Indonesia Raih Dua Gelar Juara dalam UNWTO Video Competition 2017
2017 / September / 15   19:30

Indonesia Raih Dua Gelar Juara dalam UNWTO Video Competition 2017

Indonesia menjadi negara pertama yang sukses menyabet dua gelar juara sekaligus dalam sejarah kompetisi video pariwisata dunia, UNWTO Video Competition 2017.

Indonesia Raih Dua Gelar Juara dalam UNWTO Video Competition 2017Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya berfoto bersama awak kementerian setelah menerima penghargaan dalam UNWTO Video Competition 2017, Jumat (15/9/2017). Indonesia menjadi juara dalam dua kategori sekaligus: Winner UNWTO Video Competition 2017 Region East Asia and Pacific dan People's Choice Award 2017. (Humas Kemenpar)

Video pariwisata Wonderful Indonesia: The Journey of a Wonderful World sukses menjuarai UNWTO Video Competition 2017, kompetisi video pariwisata dunia yang digelar UNWTO, Lembaga PBB di bidang pariwisata. Indonesia menjadi juara dalam dua kategori sekaligus: Winner UNWTO Video Competition 2017 Region East Asia and Pacific dan People's Choice Award 2017.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara 22rd General Assembly UNWTO di Intercontinental Century City Convention Center Hotel, Chengdu, Tiongkok, Jumat (15/9/2017). Saat dipanggil untuk kali kedua ke atas mimbar, pria asli Banyuwangi ini sempat berkaca-kaca. Agak lama dia terdiam, tidak banyak kata-kata yang terucap dari bibirnya. Hanya satu frasa, "Membanggakan!" ucap Menpar singkat, sambil memegang bendera Merah Putih.

Ini kali pertama dalam sejarah kompetisi video pariwisata UNWTO. Hanya Indonesia, satu-satunya negara yang mencatat sejarah, mendapatkan juara kedua-duanya. "Ini surprise buat kita! Kami tidak menyangka di kategori ini juara," kata Menpar.

Menpar mengakui bahwa pesaing di Asia Timur dan Pasifik tak kalah bagus. "Kalau di media sosial, video-video pendek 30 detik yang diviralkan Selandia Baru, Australia, Korea, Jepang itu bagus-bagus. Video kita sudah lolos dari juri UNWTO yang standar dunia," tuturnya. 

Selain itu, Menpar juga menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah membantu mempromosikan video Wonderful Indonesia di akun media sosialnya. "Terima kasih pada Pak Presiden Jokowi, yang turut mengajak vote melalui akun Facebook-nya. Terima kasih juga pada masyarakat di seluruh dunia yang sudah memilih video Indonesia sehingga juara!" ucap Menpar.

Ajakan Presiden Jokowi memberikan dampak besar pada jumlah pemilih video Wonderful Indonesia. Hanya dalam waktu 2x24 jam sejak Presiden Jokowi mengunggah ajakan memilih di Facebook, suara yang masuk langsung melejit hampir 50.000 pemilih.

Video yang menampilkan beberapa destinasi yaitu Jakarta, Wakatobi, Raja Ampat, Sumatra Utara, Lombok, Makassar, dan Banyuwangi ini sukses menghipnotis para audiens. Apalagi, lagu pengiring yang ditampilkan juga kelas dunia, What A Wonderful World oleh Louis Armstrong.

Bahkan, meskipun video itu diputar dua kali saat menerima penghargaan, audiens tetap memberikan pujian, terlihat dari tepuk tangan yang semakin riuh. Hal itu menunjukkan bahwa video tersebut memang berkualitas. 

Lantas, apa makna kemenangan ini bagi pariwisata Indonesia?

"Secara internal menaikkan Confidence Level. Secara eksternal memperkuat Credibility. Dan sudah lolos dari Calibration melalui global standart atau kriteria yang berkelas dunia," pungkas Arief.

Hasil Lengkap UNWTO Video Competition 2017:

Juara Hasil Voting terbanyak: Indonesia
(People's Choice Award)

Juara video terbaik Regional:

1. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Africa - Tunisia.
2. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Americas - Chili.
3. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for East Asia and the Pacific - Indonesia.
4. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Europe - Swiss.
5. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Middle East - Mesir.
6. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for South Asia - Bhutan.

(Lutfi Fauziah. Sumber: Humas Kementerian Pariwisata)

KOMENTAR