Pertarungan Dua Ular Kelaparan Berebut Mangsa Terekam dalam Video
2017 / Agustus / 9   14:48

Pertarungan Dua Ular Kelaparan Berebut Mangsa Terekam dalam Video

Video ini merekam kejadian yang tak biasa: dua ular besar tak berbisa bergantung dari pohon dan berebut seekor burung untuk dijadikan santapan siangnya.

Pertarungan Dua Ular Kelaparan Berebut Mangsa Terekam dalam VideoDua ular besar tak berbisa bergantung dari pohon dan berebut seekor burung untuk dijadikan santapan siangnya. (Charles Holt via National Geographic)

Minggu lalu, Charles Holt tengah berjalan pulang dari tempat kerjanya di Broomfield, Colorado, ketika melihat benda semacam tali berayun dari pohon. Tapi ketika mendekat, ia menyadari bahwa itu bukanlah tali.

Video aneh ini menampilkan dua bullsnake (Pituophis catenifer sayi) bergantung dari sebuah pohon. Keduanya bertarung memperebutkan seekor burung sebagai mangsa. Bullsnake merupakan ular tak berbisa dari keluarga Colubridae yang melilit mangsanya sebelum dimakan.

Saksikan pertarungan dua ular tersebut dalam video berikut:

"Bullsnake senang memangsa burung dan telur-telurnya. Bahkan terkadang memanjat pohon untuk mencapai sarang burung," kata David Steen, ahli ekologi alam liar di Auburn University.

Ia mencatat bahwa peristiwa rebutan mangsa antara dua ular ini merupakan hal yang tak biasa. Dalam kasus ini, kata Steen, si burung itu cukup sial.

"Saya tidak akan mengharapkan mereka untuk selalu bergantung di pohon seperti itu, tetapi kadang-kadang, sulit untuk menyeimbangkan tubuh di dahan dan memangsa burung besar ketika kita tak memiliki tangan dan kaki," ucapnya.

Meskipun hasil akhir pertarungan ini tak diketahui, semoga salah satu dari ular tersebut berhasil lolos dengan hadiah berupa mangsa yang besar. 

(Lutfi Fauziah. Sumber: Shaena Montanari/National Geographic)

KOMENTAR