Penjara Bijlmerbajes, “Rumah Baru” Para Pengungsi dari Timur
2017 / Agustus / 4   12:53

Penjara Bijlmerbajes, “Rumah Baru” Para Pengungsi dari Timur

Penjara Bijlmerbajes di Amsterdam, Belanda, tidak lagi menampung narapidana. Tempat ini menjadi persinggahan bagi para pencari kehidupan baru dari Timur.

Penjara Bijlmerbajes, “Rumah Baru” Para Pengungsi dari TimurSekelompok gadis pengungsi Suriah sedang asyik bermain di lorong bekas penjara Bijlmerbajes di Amsterdam, Belanda. (Muhammed Muheisen, AP)

Kisah para migran yang melarikan diri dari penyiksaan bagaikan cerita tanpa wajah. Ketika krisis migran Eropa dimulai pada tahun 2015, fotografer Associated Press, Muhammed Muheisen, menanti di pinggiran pantai Yunani. Ia mengamati arus pengungsi dari Suriah, Timur Tengah, dan bagian-bagian lain yang dilanda perang di Afrika.

“Kebanyakan orang berpikir bahwa cerita akan selesai ketika orang lain tiba. Namun, bagi saya, saat itulah kisah dimulai,” tutur Muheisen.

Para pengungsi itu menggiring Muheisen ke Belanda, sebuah negara yang terbuka terhadap migran dan memiliki tingkat kriminalitas yang rendah. Banyak penjara kosong yang berdiam di sana, menanti penghuni baru yang tak kunjung tiba. Oleh karena itu, pemerintah Belanda mulai mengisinya dengan para migran.

Bacardi Zouberou, 25, seorang ...Bacardi Zouberou, 25, seorang migran asal Kamerun, duduk di koridor di seberang kamarnya di bekas penjara Bijlmerbajes, Amsterdam, Belanda. (Muhammed Muheisen, AP)

Di penjara Bijlmerbajes, lebih dari 1.000 pengungsi hidup disana. Mereka diperlakukan dengan layak, seperti disediakan tempat tidur, makanan hangat, dan atap anti bocor. Meskipun begitu, mereka hanya tinggal sementara di sel tersebut, hingga mendapatkan tempat tinggal resmi dan pekerjaan di Belanda.

Selama dua tahun, sesekali Muheisen kembali ke Bijlmerbajes untuk memotret kehidupan para keluarga di penjara. Momen yang serius, canda tawa, dan ketegangan menunggu kepastian hidup setiap harinya telah terabadikan di kameranya.

Hidup di dalam penjara bukanlah menjadi masalah besar bagi orang-orang di dalamnya. “Kami tidak peduli, yang penting kami selamat,” ucap seorang wanita yang menjadi pengungsi di situ.

Simak foto lain mengenai potret kehidupan pengungsi di penjara pada halaman berikutnya.

KOMENTAR