Orang Kulit Hitam Pertama yang Pergi ke Luar Angkasa
2017 / Agustus / 29   17:00

Orang Kulit Hitam Pertama yang Pergi ke Luar Angkasa

Tiga puluh empat tahun yang lalu berangkatlah astronot berkulit hitam pertama dalam sejarah ke luar angkasa

Orang Kulit Hitam Pertama yang Pergi ke Luar AngkasaBluford sedang berolahraga menggunakan treadmill di bagian tengah pesawat ulang-alik Challanger (Wikimedia Commons)

Tepat 34 tahun yang lalu, ketika tengah malam sekitar pukul 2an pada, beberapa orang terjaga di sekitaran Kennedy Space, Cape Canaveral untuk melihat pesawat ulang-alik milik NASA, Challanger lepas landas untuk misi ketiganya di luar angkasa.

Di dalam pesawat itu, ada Letkol Guion S. Bluford, seorang pria keturunan Afro-Amerika pertama dalam sejarah yang terpilih untuk menjadi bagian misi ke luar angkasa.

Bluford dilahirkan di Philadelphia, Pennsylvania pada 1942. Sejak muda ia telah memiliki minat terhadap dunia kedirgantaraan. Tahun 1964 ia lulus dari Penn State University dengan gelar di bidang aerospace engineering. Di tahun berikutnya ia turut serta dalam Angkatan Udara AS dan kemudian melakukan 144 misi pertempuran di Vietnam. Selesai bertugas di Vietnam, pada 1970 Bluford mendapatkan gelar master dan doktornya di bidang teknik kedirgantaraan dari Air Force Institute of Technology.

Bluford semasa masih menjadi ...Bluford semasa masih menjadi kandidat astronot NASA (Wikimedia Commons)

Tahun 1979 menandai momen penting  Bluford menjadi seorang astronot. Pada tahun itu ia diterima untuk mengikuti program pelatihan astronot. Empat tahun kemudian, ia melakukan misi pertamanya ke luar angkasa.

Bluford bersama dengan empat awak pesawat lainya ditugaskan untuk melakukan beberapa tugas selama berada di luar angkasa. Diantaranya ialah meluncurkan satelit komunikasi milik pemerintah India, melakukan eksperimen ilmiah, serta melakukan tes terhadap lengan robotik yang dimiliki shuttle milik Challanger.

Enam hari kemudian Bluford bersama dengan rekan-rekanya kembali ke bumi, menandai keberhasilan kedelapan kalinya misi luar angkasa yang dilakukan oleh Challanger.

Berhasil dengan misi pertamanya, Bluford kemudian bertugas ke luar angkasa lagi sekitar tiga kali, dengan catatan waktu 700 jam berada di luar angkasa.

Seusai dengan karirnya dari NASA, ia kemudian menjadi wakil presiden dan general manager sebuah perusahaan perusahaan engineering di Ohio.

Setelah penerbangan perdana Bluford yang sekaligus menandai jejak orang Afro-Amerika di luar angkasa, muncul berbagai astronot kulit hitam lainya yang menyusul langkah Bluford tersebut. Beberapa diantaranya ialah nama-nama seperti Bernand A. Harri Jr., Winston E. Scott, Robert Curbeam, dan lainya.

Cape Canaveral, Florida

(Haydr Suhardy (Sumber/ History.com))

KOMENTAR