Indonesia Borong Tiga Gelar di ASEANTA Awards 2017
2017 / Agustus / 9   20:07

Indonesia Borong Tiga Gelar di ASEANTA Awards 2017

Indonesia menjadi negara yang paling banyak meraih gelar dalam ASEANTA Awards 2017, acara penghargaan paling bergengsi di bidang pariwisata se-Asia Tenggara.

Indonesia Borong Tiga Gelar di ASEANTA Awards 2017Penyerahan penghargaan oleh Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya dalam acara gala dinner The 30th ASEANTA Awards for Excellence 2017 di Flores Ballroom Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (8/8). (Humas Kemenpar)

Indonesia sukses meraih tiga dari enam penghargaan pada ajang penghargaan bergengsi ASEANTA Awards for Excellence 2017. Ketiga penghargaan itu ialah Best ASEAN Tourism Photo oleh Agung Prameswara; Best ASEAN Airline Program: Wonderful Indonesia Travel Pass oleh Garuda Indonesia; dan Best Cultural Preservation Effort: Hand-woven Textiles Preserving a Living Tradition by Garuda Indonesia.

Sementara itu, tiga kategori lainnya, yakni Best ASEAN Marketing and Promotional Campaign diperoleh AirAsia Malaysia; Best ASEAN Travel Article, diperoleh SPH Magazine, yang merupakan majalah penerbangan dari Singapore Airlines; Best ASEAN New Tourism Attraction, diperoleh Shan Yoma Travel and Tours Myanmar. 

Keenam penghargaan tersebut diserahkan dalam acara gala dinner The 30th ASEANTA Awards for Excellence 2017 di Flores Ballroom Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (8/8). Sebagai tuan rumah penyelenggaraan acara, Menteri Pariwisata Arief Yahya pada kesempatan itu memberikan kata sambutan serta menyerahkan penghargaan kepada para pemenang ASEANTA awards.

Menpar mengatakan, kegiatan ASEANTA Awards for Excellence sangat penting dalam memicu para pegiat dan pelaku pariwisata di negara-negara anggota ASEAN untuk senantiasa melakukan pembaruan dalam kemajuan bersama sektor pariwisata.

"Kemenangan dalam ASEANTA Awards ini akan mendongkrak level 3 C: confidence atau rasa percaya diri internal, credible atau semakin dipercaya orang eksternal, dan calibration dalam mendekatkan pada standar global di antaranya ditetapkan dalam standar pariwisata ASEAN," kata Arief Yahya.

Setelah malam penghargaan, 84 orang dari agen perjalanan, operator tur, jurnalis perjalanan dan penerima penghargaan diundang untuk berpartisipasi dalam familirization trip(famtrip) pada 9-11 Agustus, ke berbagai destinasi unggulan, mulai dari Jakarta, Belitung, Bandung, Solo, Yogyakarta, Bali dan Malang.

Tahun lalu, brand Wonderful Indonesia meraih 46 penghargaan internasional dari 22 negara,
di antaranya tiga penghargaan dari ASEANTA Awards 2016 (Best ASEAN Tourism Photo, Best ASEAN Travel Article, dan Best ASEAN Cultural Preservation Effort).

Kampanye branding WI telah meningkatkan performa Indonesia, terlihat dari popularitas Wonderful Indonesia yang melonjak dari status tidak tercatat menjadi ranking 47 dunia, mengalahkan  Truly Asia (Malaysia) dan Amazing (Thailand) masing-masing berada di posisi 83 dan 97 dunia.

(Lutfi Fauziah)

KOMENTAR