Dokter Temukan Tokek Hidup dalam Saluran Telinga Seorang Pria China

Dokter Temukan Tokek Hidup dalam Saluran Telinga Seorang Pria China

Pria tersebut mengeluh sakit luar biasa dan merasa ada sesuatu yang menggeliat di dalam telinganya. Setelah diperiksa, dokter menemukan tokek hidup di dalamnya.

Dokter Temukan Tokek Hidup dalam Saluran Telinga Seorang Pria ChinaTokek macan tutul. (Ilustrasi, Thinkstock)

Tim dokter di sebuah rumah sakit China menemukan seekor tokek hidup di dalam saluran telinga seorang pria yang menderita sakit telinga parah. 

Pria tersebut terbangun pada suatu pagi dan mengeluh sakit luar biasa pada telinganya, sekaligus merasa ada sesuatu yang menggeliat di dalamnya, lapor Deccan Chronicle, sebuah surat kabar di India Selatan. 

Awalnya, tim dokter mencoba mengeluarkan tokek tersebut dengan pinset, namun hewan tersebut terus menggeliat setiap kali tersentuh. Untuk mencegah tokek tersebut masuk lebih dalam ke saluran telinga, tim dokter kemudian memutuskan untuk membius reptil itu.

Akhirnya, tim dokter berhasil mengeluarkannya dengan aman menggunakan penjepit panjang. Seluruh prosedur tersebut memakan waktu lima menit. 

Tetapi, tak semua bagian tokek berhasil dikeluarkan. Setelah diamati lebih seksama, ternyata tokek tersebut telah kehilangan ekornya, dan dokter tak bisa menemukan ekor tersebut di dalam telinga pasien. Ada kemungkinan, tokek tersebut telah kehilangan ekornya sebelum terjebak di dalam saluran telinga sang pasien. 

Sebagian besar jenis tokek memang sering memutuskan ekornya sebagai bentuk pertahanan diri. Namun, spesies tokek yang baru-baru ini ditemukan, punya cara pertahanan diri yang lebih unik. Spesies ini akan merontokkan semua sisiknya untuk melindungi diri saat ditangkap predator. 

Tokek juga bukan satu-satunya pengunjung tak diinginkan yang—entah bagaimana caranya—mampir ke dalam telinga manusia. Laba-laba, larva lalat buah, dan cacing pemakan daging, pernah ditemukan "nyasar" ke dalam saluran telinga manusia.

(Lutfi Fauziah. Sumber: Live Science)

KOMENTAR