Delapan Kebiasaan Orang yang Jarang Sakit
2017 / Agustus / 8   10:13

Delapan Kebiasaan Orang yang Jarang Sakit

Simak kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan orang yang jarang sakit sehingga bisa terhindar dari virus penyakit dan tetap bisa beraktivitas dengan bugar.

Delapan Kebiasaan Orang yang Jarang SakitTersenyum dan tertawa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. (Thinkstock)

Anda pasti pernah menyaksikan satu situasi ketika semua orang terserang pilek dan demam, ada satu orang yang tetap sehat. Jika Anda bertanya-tanya apa yang dia lakukan, sehingga bisa terhindar dari virus penyakit dan tetap bisa beraktivitas dengan bugar, di sini Anda akan menemukan jawabannya.

Suplementasi vitamin C
Meski teori yang mengatakan bahwa vitamin C dapat meningkatkan kekebalan, sudah mulai tidak lagi populer, Sam Jernigan, dari Grass Valley, CA, masih menerapkannya.

"Setiap kali saya mulai merasa ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuh saya, saya akan mengonsumsi 2.000 unit vitamin C hingga empat kali sehari dan hasilnya langsung terasa. Hal yang sama saya lakukan setiap kali bertemu dengan orang lain yang sedang sakit. Saya tidak lagi mengalami flu berat, kecuali sekadar pilek ringan, dalam 15 tahun ini."

Cukup tidur 
"Tidur 8 sampai 10 jam setiap malam adalah resep agar saya tetap sehat," kata Amelia Narcisi, dari Radnor, PA.

Para ahli setuju, bahwa cukup tidur adalah kunci untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Penelitian menunjukkan, bahwa orang yang tidur hanya 5 sampai 6 jam semalam memiliki risiko terkena flu sebesar 30 persen sedangkan yang tidur tujuh jam, risikonya berkurang hingga sebesar 17 persen.

Perkuat mental Anda
“Ketika orang-orang di sekitar saya mengeluh tentang bagaimana penyakit menyerang mereka beberapa kali dalam setahun, saya mengatakan bahwa saya jarang sakit dan tidak ingin sakit dan bertekad tidak mau sakit. Dan tekad saya sering terbukti menjadi kenyataan, " kata Elisa Lowe, seorang perawat di Bala Cynwyd, PA.

Mengelola stres
Stres terbukti dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, jadikan manajemen stres sebagai bagian dari kehidupan Anda sehari-hari terutama jika pola hidup Anda memang penuh tekanan, saran Kathy Gruver, PhD, penulis buku The Alternative Medicine Cabinet.

"Saya sendiri mengendalikan stres dengan cara menari, meditasi harian, visualisasi, dan afirmasi," tambahnya.

Cinta kebersihan
"Saya mencuci tangan saya sepanjang waktu setiap kali bersentuhan dengan pegangan pintu dan tombol lift. Sebisa mungkin saya memakai tisu agar tidak bersentuhan langsung dengan mereka, " kata Dan Collins, staf sebuah rumah sakit di Baltimore.

"Ketika kembali ke meja kerja, saya menggunakan cairan antiseptik untuk membersihkan tangan," tambahnya.

Bersahabat dengan gym
Olahraga teratur bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda cenderung terhindar dari infeksi saluran pernapasan atas, menurut sebuah studi dalam Journal of Sport dan Ilmu Kesehatan.

"Suami saya dan saya berolahraga setidaknya tiga kali seminggu, dan kami telah berlatih dengan seorang pelatih pribadi untuk beberapa tahun," kata Julie Michener, dari Minneapolis.

"Saya pikir, itu sebabnya saya tidak sakit bahkan ketika orang lain di kantor, semuanya sakit."

Mengurangi angkutan publik
"Ketika saya masih harus pulang-pergi kantor setiap hari, menggunakan angkutan massal, saya sering sakit. Mungkin karena saya begitu lemah dan dikelilingi oleh kuman," kata Christina Halper GORINI, dari Belmar, NJ.

"Sejak menemukan pekerjaan baru yang memungkinkan saya bekerja dari rumah, saya hampir tidak pernah sakit lagi."

Tahu kapan harus beristirahat
"Saya tidak mengalami sakit flu dalam waktu 15 tahun terakhir ini," kata Ken Montgomery, dari San Francisco."

“Jika saya menduga bahwa sesuatu yang buruk mungkin akan datang, saya akan minta waktu cuti, tidak akan pergi ke gym, dan saya akan lebih banyak tidur. Hanya perlu satu hari dan saya kembali ke normal."

(Bestari Kumala Dewi/Kompas.com)

KOMENTAR