7 Kebiasaan yang Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan
2017 / Agustus / 1   10:46

7 Kebiasaan yang Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Anda tahu aturan dasarnya untuk menurunkan berat badan, yaitu diet sehat dan olahraga. Tapi, ada lho cara lain yang walau agak aneh, namun cukup ampuh membantu.

7 Kebiasaan yang Bisa Bantu Menurunkan Berat BadanMenimbang badan. (Ilustrasi, Thinkstock)

Anda tahu aturan dasarnya untuk menurunkan berat badan, yaitu diet sehat dan olahraga. Tapi, ada lho cara lain yang walau agak aneh, ampuh membantu program pencapaian berat badan ideal. Inilah tujuh cara tersebut.

 1. Mencium aroma peppermint

Rutin mencium aroma peppermint, dapat mengurangi kadar lapar dan otomatis jumlah kalori yang Anda asup, demikian dilaporkan oleh sebuah studi Desember lalu. Jadi, Anda bisa menghirup aroma pepermint langsung dari daunnya ataupun dari minyak aromatherapy.

2. Pilih piring warna merah

Sebuah studi lain mengungkapkan, bahwa menggunakan piring berwarna merah dapat membantu Anda makan lebih sedikit.

3. Bayar tunai

Sebuah penelitian mengatakan, membayar dengan uang tunai saat belanja akan mendorong Anda lebih memilih makanan sehat, dibanding jika membayar dengan kartu kredit.

4. Kurangi yang manis

Mengurangi konsumsi yang manis-manis telah lama dikaitkan dengan kadar lemak perut yang lebih rendah, demikian menurut penelitian bulan November 2013.

5. Turunkan temperatur kamar tidur

Menurunkan suhu pemdingin ruangan di waktu malam akan mendorong tubuh membakar lebih banyak lemak. Pasalnya, tubuh membutuhkan panas yang lebih banyak untuk menahan dingin dan bahan bakar panas tersebut adalah lemak di tubuh Anda.

6. Gambar makanan sehat

Menempelkan gambar-gambar makanan sehat rendah kalori di pintu kulkas, akan mendorong Anda membatasi jumlah kalori, demikian ungkap penelitian bulan November 2014.

7. Rapikan meja kerja

Meja kerja yang tertata rapi dapat mendorong Anda merapikan hal-hal.lain dalam hidup, termasuk pola makan. Ini artinya, Anda lebih terpicu memilih makanan sehat rendah kalori, alih-alih junk food berlemak.

(Lily Turangan/Kompas.com)

KOMENTAR