10 Situs Warisan Dunia UNESCO Terbaru yang Patut Anda Kunjungi
2017 / Agustus / 1   12:49

10 Situs Warisan Dunia UNESCO Terbaru yang Patut Anda Kunjungi

10 Situs Warisan Dunia UNESCO terbaru menawarkan kekayaan sejarah dan budaya yang layak masuk ke dalam daftar tempat wisata Anda.

10 Situs Warisan Dunia UNESCO Terbaru yang Patut Anda KunjungiKulangsu (Qian Yi, UNESCO)

Setiap tahun, UNESCO menetapkan beberapa tempat sebagai situs bersejarah dan budaya yang penting di dunia. Tujuan utama dari penetapan itu sebagai Situs Warisan Dunia adalah untuk mempromosikannya agar lebih dikenal masyarakat dunia.

Berikut adalah 10 dari 21 situs UNESCO terbaru yang patut Anda masukkan ke dalam daftar wisata Anda.

Kulangsu, Cina

Pulau kecil ini terletak di lepas pantai Xiamen di Cina Tenggara, sekitar 20 menit menggunakan feri dari kota besar. Kulangsu hanya dapat diakses oleh pejalan kaki. Dahulu, pulau ini merupakan pemukiman yang dihuni oleh para imigran dari berbagai penjuru dunia. Dengan gaya arsitektur yang khas, Kulangsu telah menjadi rumah bagi pantai-pantai ciamik yang melingkupinya.

Taputapuatea, French Polynesia

TaputapuateaTaputapuatea (Stephen Alvarez/National Geographic Creative)

Taputapuatea terletak di Pulau Ra’iatea dan merupakan rumah bagi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang baru, kompleks Marae—pusat seremonial peradaban Ma’ohi kuno. Di kawasan ini, terdapat hutan, lembah, laguna, terumbu karang, dan lautan yang mampu memanjakan Anda.

Taman Nasional Los Alerces, Argentina

Taman Nasional Los AlercesTaman Nasional Los Alerces (Ricardo Villalba, UNESCO)

Taman Nasional Los Alerces terletak di Andes, utara Patagonia, dekat perbatasan Chili. Di sini, Anda akan menemukan danau yang sangat jernih, padang rumput gletser, dan hutan yang lebat. Situs baru ini merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang masih alami dan bersih.

The English Lake District, Inggris

The English Lake DistrictThe English Lake District (Nick Bodle, UNESCO)

Rasakan suasana nyata Inggris di situs yang terletak di barat laut Inggris ini. Meskipun tidak banyak dikunjungi wisatawan, situs ini memiliki pesona indah yang menampakkan lembah, gunung, dan danau andalannya. Di sini, Anda akan menemukan beberapa rumah kuno, kota-kota kecil, dan jalan yang berkelok-kelok.

Aphrodisias, Turki

Aphrodisias, Turki. Aphrodisias, Turki. (Aphrodisias Museum)

Situs arkeologi yang luar biasa ini adalah rumah bagi kuil Aphrodite—Dewi Cinta dan Kecantikan dalam mitologi Yunani—dan pertambangan marmer di sekitarnya. Terletak di barat daya Turki, Aprhodisias telah menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang baru di Eropa Timur. Situs ini juga memiliki sisa-sisa kuil lainnya, seperti teater, agora, dan dua kompleks ruang mandi.

Tarnowskie Gory, Polandia

Tarnowskie Gory, Polandia. Tarnowskie Gory, Polandia. (Tarnowskie Góry Land Lovers' Association)

Tambang timbal, perak, dan seng ini terletak di jantung kawasan pertambangan Eropa tengah. Akan menjadi perjalanan yang berharga jika Anda mengunjungi Krakow, tak sampai dua jam dari Tarnowskie. Terdapat tambang, terowongan, stasiun pemompaan air uap, dan sistem pengelolaan air bawah tanah di Tarnowskie.

Meskipun pertambangan telah berhenti pada awal 1900-an, eksistensi bukti tambang masih tetap terjaga. Anda bisa melihat peninggalan tambang tersebut di ruang bawah tanah.

Sambor Prei Kuk, Kamboja

Sambor Prei Kuk, KambojaSambor Prei Kuk, Kamboja (Sigurd Doeppel, Getti Images via National Geographic)

Kawasan kuil ini awalnya adalah ibukota Kekaisaran Chenla, dari penghujung abad ke-6 hingga awal abad ke-7. Situs arkeologi Sambor Prei Kuk terdiri dari sebuah kota bertembok, 10 kuil segi delapan, dan kuil-kuil lain yan dihiasi unsur-unsur batu pasir khas eranya.

Asmara, Eritrea

Asmara, EritreaAsmara, Eritrea (Hemis, Alamy Stock Photo via National Geographic)

Jika Anda ke Eritrea, jangan lupa sambangi ibukotanya, Asmara. Keseluruhan kota ini telah ditetapkan sebagai salah satu situs terbaru UNESCO. Aristektur kolonial Italia yang kental akan tersaji di depan mata, mengingatkan Anda pada era Art Deco. Kota ini menjadi rumah bagi gereja, masjid, dan sinagog—sebuah gambaran sejati urbanisme modernis.

Ahmadabad, India

Masjid AhmadabadMasjid Ahmadabad (Chris Caldicott, Design Pics, Getty Images via National Geographic)

Kota bersejarah ini terletak di Gujarat, India. Dibangun pada abad ke-15, Ahmadabad menyuguhkan arsitektur yang luar biasa, dari gerbang Benteng hingga kuil-kuil Hindu. Sebagai salah satu dari 35 Situs Warisan Dunia UNESCO di India, kota ini wajib Anda cantumkan ke dalam daftar tempat wisata India yang Anda kunjungi.

Hebron/Kota Tua Al-Khalil, Palestina

Hebron/Kota Tua Al-KhalilHebron/Kota Tua Al-Khalil (Asia File/Alamy Stock Photo via National Geographic)

Sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO, Hebron juga masuk ke dalam daftar “Warisan Dunia yang Terancam” tahun ini. Meskipun ada beberapa kontroversi mengenai keberadaan tempat situs ini, kepentingan religi dan budayanya tetap mengalahkan konflik politik yang ada. Situs ini patut Anda masukkan ke daftar tempat wisata yang harus Anda kunjungi di Palestina.

(Citra Anastasia. Sumber: SmarterTravel)

KOMENTAR