Studi: Penyuka Kopi Pahit Cenderung Memiliki Kepribadian Psikopat
2017 / Juli / 24   15:59

Studi: Penyuka Kopi Pahit Cenderung Memiliki Kepribadian Psikopat

Peneliti menemukan korelasi antara kopi hitam dan rasa pahit lainnya dengan tipe kepribadian psikopat atau sadistik.

Studi: Penyuka Kopi Pahit Cenderung Memiliki Kepribadian PsikopatIlustrasi kopi (Thinkstock)

Kecenderungan kepribadian seseorang mungkin bisa dilihat dari pilihannya pada minuman. Misalnya saja menurut studi terbaru, orang yang menyukai kopi hitam dan pahit cenderung memiliki kepribadian psikopat.

Demikian menurut survei yang dilakukan tim dari Universitas Inssbruck Austria terhadap 1.000 orang dewasa seputar pilihan rasa.

Selain itu, para responden juga mengikuti empat tes kepribadian untuk mengetahui apakah mereka memiliki karateristik kepribadian machiavelianism seperti narsisme, psikopat, sadisme, dan agresif.

Ternyata ditemukan korelasi antara kopi hitam dan rasa pahit lainnya dengan tipe kepribadian psikopat atau sadistik.

Selain itu, orang yang lebih menyukai kopi manis atau dicampur susu, serta minuman manis lainnya, secara umum punya tipe kepribadian "menyenangkan" seperti simpati, bekerja sama, dan baik.

Orang yang psikopat pada umumnya memiliki tingkat kepercayaan diri dan kecerdasan di atas rata-rata. Namun, mereka minim empati. Mereka cenderung memanipulasi orang lain.

Kaitan paling dekat ditemukan antara makanan pahit seperti lobak dan air tonik, dengan "sadisme sehari-hari" atau kenikmatan melihat kesakitan tingkat moderat pada orang lain.

Meski begitu, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Appetite ini menyebutkan bahwa "pahit" adalah istilah yang subjektif dan mungkin pengertiannya sangat terbatas dalam studi tersebut.

Para peneliti itu juga tidak yakin apa yang menyebabkan kaitan antara pilihan rasa pahit dengan tipe kepribadian "tidak menyenangkan".

Penting juga diketahui bahwa pilihan rasa seseorang sangat dipengaruhi oleh budaya dan pengalaman, jadi bukan hanya oleh tipe kepribadian.

Pilihan rasa kita pada makanan dan minuman juga terus mengalami perubahan. Misalnya saja saat kecil kita mungkin tidak menyukai sayuran, atau sebagian besar orang tidak suka rasa kopi saat pertama mencobanya.

Peminum kopi hitam pada umumnya adalah orang yang lebih peduli kesehatan. Kopi murni, tanpa tambahan gula atau susu, memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

(Lusia Kus Anna/Kompas.com)

KOMENTAR