Seks dan Lendir dalam Dunia Aneh Siput
2017 / Juli / 31   19:00

Seks dan Lendir dalam Dunia Aneh Siput

Dari zat lendir yang multiguna sampai akrobat seksual mereka, siput lebih liar dari yang Anda kira.

Seks dan Lendir dalam Dunia Aneh SiputSiput bawang putih, mendapat namanya dari bau yang dikeluarkannya saat diganggu. (DP Wildlife Invertebrates, Alamy via National Geographic)

Ketika seorang pembaca bertanya tentang seekor siput hitam kecil dari Kroasia yang diduga mengeluarkan bau busuk saat dihancurkan, kami memutuskan untuk langsung mencari informasi tentang siput tersebut.

Hal pertama yang dapat dipelajari adalah bahwa gastropoda sangatlah berwarna. Lihatlah siput biru Carpathian Eropa timur, misalnya, dan Arion rufus berwarna oranye terang atau merah yang asli Eropa, tetapi juga ditemukan di utara A.S. dan Kanada. Dan ada juga spesimen siput besar merah muda di Australia.

Close-up dari ekor siput biru ...Close-up dari ekor siput biru Carpathian asli Eropa timur. (nature Picture Library, Alamy via National Geographic)

BAU SIPUT

Adapun siput Kroasia yang bau, Ben Rowson, kurator moluska senior di Museum Nasional Wales di Cardiff mengatakan bahwa dia tidak mengetahui adanya siput yang sesuai dengan deskripsi yang tepat. Dia mengatakan bahwa mungkin saja itu adalah siput-siput bergaris dan siput-siput keluarga Milacidae di Kroasia, yang bisa mengeluarkan bau busuk jika mereka memakan tanaman seperti madder busuk, yang memiliki bau busuk saat dilumatkan.

Menurut sebuah makalah tahun 2012, Rowson mencatat bahwa ada satu spesies asli Afrika Utara, Drusia deshayesii, yang memiliki bau "memuakkan". Bau itu kemungkinan berasal dari Putoria tenella, tanaman berbau menjijikan yang dibutuhkan siput untuk dimakan.

"Kotoran hewan juga merupakan bagian dari makanan beberapa spesies siput," katanya, yang mungkin menambahkan rasa pedas tertentu pada aroma khas siput.

Seekor siput bawang putih mendapat namanya dari bau bawang putih seperti baunya, yang dikeluarkan saat diganggu, kata Rory McDonnell, ahli entomologi di Oregon State University.

Ditemukan di sebagian besar ...Ditemukan di sebagian besar Eropa, siput hitam yang dapat melepaskan bau busuk saat dihancurkan, baunya tergantung pada makanannya. (Premaphotos, Alamy via National Geographic)

ZAT MUCUS MULTIGUNA

"Siput adalah keong tanpa cangkang," kata Chris Barnhart, seorang ahli biologi di University of Missouri. Meskipun beberapa seperti siput macan tutul (Limax maximus), yang berasal dari Eropa selatan dan barat membawa cangkangnya secara internal.

Ada juga siput lain yang membawa cangkang mereka dengan aneh, seperti siput berekor panjang yang hidup hanya di negara bagian Sabah, di Kalimantan. "Semi-siput" mungil ini memiliki cangkang kecil yang ada di tengah badannya yang terlalu kecil, fungsinya agar siput bisa bersembunyi di dalamnya.

Dengan sedikit atau tanpa perlindungan, siput membutuhkan beberapa pertahanan. Dan lendir mereka: dapat membuat mati rasa mulut predaftor potensial, yang menjaga siput.

Lendir siput adalah senyawa yang tidak biasa, tidak cair maupun padat. Ini mengeras saat siput sedang beristirahat, tapi mencair saat mendapat tekanan – juga saat siput mulai bergerak. Sifatnya yang menempel tapi fleksibel, baru-baru ini membantu menginspirasi pengembangan perekat bedah baru.

Lendir siput pun bekerja sebagai semacam GPS berlendir. Siput tanah, kata Barnhardt, "bisa menemukan jalan pulang ke rumahnya dalam jarak jauh, dengan melacak jalur lendirnya sendiri."

AKROBATIK AMOROUS

Lendir siput juga memacu asmara.

Siput macan tutul memiliki ...Siput macan tutul memiliki ritual kawin gaya Cirque du Soleil yang seksi. Keduanya akan menggantung terbalik dari seutas tali lendir, dan saling melilitkan badan keduanya, membelit satu sama lain. (Wolstenholme Images, Alamy via National Geographic)

Semua siput adalah hermaprodit dan bisa menyuburkan dirinya sendiri, tetapi mereka juga bisa kawin. Dengan melepaskan feromon ke dalam lendir mereka, siput menunjukkan kesiapan untuk kawin – dan beberapa cukup dengan menontonnya.

Siput macan tutul memiliki ritual kawin gaya Cirque du Soleil yang seksi. Keduanya akan menggantung terbalik dari seutas tali lendir, dan saling melilitkan badan keduanya, membelit satu sama lain. Mereka menyembulkan penis biru dan panjang dari belakang kepala mereka dan membelitkannya juga dan mentransfer spermatofor. Bagai lampu gantung yang sangat berlendir.

Dan semi-siput berekor panjang itu yang kami sebut dengan tunas yang tajam, mengandung hormon dari kalsium-karbonat “love dart” (gypsobelum) atau alat seks pada siput hermaprodit, yang berasal dari kantung dart, yang berada di antara penis dan vaginanya, memungkinan ia bisa meningkatkan tembakannya saat melakukan reproduksi.

Jadi dari situlah Cupid mendapat ide.

(Fadhil Ramadhan. Sumber: Liz Langley/National Geographic)

KOMENTAR