Mana yang Lebih Cepat, Michael Phelps atau Hiu Putih?
2017 / Juli / 25   17:25

Mana yang Lebih Cepat, Michael Phelps atau Hiu Putih?

Michael Phelps, perenang Amerika Serikat peraih 23 medali emas Olimpiade, beradu kecepatan renang dengan hiu putih di perairan terbuka. Siapa yang lebih jago?

Mana yang Lebih Cepat, Michael Phelps atau Hiu Putih?Michael Phelps, perenang Amerika Serikat peraih 23 medali emas Olimpiade, beradu kecepatan renang dengan hiu putih di perairan terbuka. (Discovery Channel via Youtube)

Tak ada yang meragukan kecepatan renang Michael Phelps, perenang Amerika Serikat yang berhasil memecahkan 39 rekor dunia dan memenangkan 23 medali emas Olimpiade.

Sepanjang karirnya, Phelps bertanding melawan perenang-perenang lain—sesama manusia. Lantas, bagaimana jika Phelps harus adu kecepatan renang dengan hiu putih? Siapakah yang akan jadi pemenangnya?

Dalam programnya yang berjudul "Phelps vs. Shark: Great Gold vs. Great White", Discovery Channel mengatur pertandingan renang antara Michael Phelps dan hiu putih.

Phelps dan hiu putih bertanding renang jarak 100 meter. Pertandingan itu dilaksanakan di perairan terbuka di lepas pantai Afrika Selatan.

Sejatinya, Phelps tidak bertanding secara langsung dengan hiu putih dalam acara yang ditayangkan pada 23 Juli lalu. Tim Discovery Channel telah mencatat waktu renang dari tiga jenis hiu: hiu kepala martil, hiu putih dan hiu karang.

Mereka kemudian membuat gambar berbasis komputer sehingga seolah-olah Phelps sedang bertanding dengan hewan tersebut secara berdampingan di perairan terbuka Afrika Selatan.

Sang juara Olimpiade mengenakan monofin—yang akan membantunya berenang seperti hiu.

"Dalam pertandingan, saya pikir kecepatan terbaik saya sekitar 8-10 km per jam," kata Phelps seperti dilansir dari USA Today.

Dengan menggunakan monofin, ia memperkirakan kecepatannya bisa mencapai 12, 16, atau bahkan 19 km perjam.

Selain itu, Phelps juga mengenakan pakaian renang yang disebut Phantom—yang diklaim dapat meningkatkan daya apung dan mengurangi daya hisap.

Bahkan dengan segala perlengkapan itu, bisakah Phelps mengalahkan hiu putih (Carcharodon carcharias), ikan yang dapat berenang dengan kecepatan mencapai 40 km per jam?

Sayangnya, peraih medali emas Olimpiade itu harus mengakui keunggulan hiu putih. Ikan tersebut mengalahkan Phelps dengan selisih waktu tipis: 2 detik! Phelps finis dalam waktu 38,1 detik, sementara hiu putih mencatatkan waktu  36,1 detik.

Tetapi Phelps tak sepenuhnya kalah. Dalam pertandingan renang 50 meter, ia mencatatkan waktu 18,7 detik, mengalahkan hiu karang dengan selisih waktu 0,2 detik. Namun, ia kalah melawan hiu kepala martil, yang finis dalam waktu 15,1 detik.

Bagi Phelps sendiri, pertandingan ini membuatnya lebih mengapresiasi kecepatan gerak hiu di dalam air, terutama dengan ukuran tubuh sebesar itu. "Seekor hiu mako bahkan dapat berenang dengan kecepatan lebih dari 40 mil per jam (64 km per jam). Itu sungguh menakjubkan," pungkasnya.

(Lutfi Fauziah. Sumber: Live Science, USA Today)

KOMENTAR