Lupa Memesan Hotel Saat Berlibur? Coba 5 Tips Ini
2017 / Juli / 11   17:23

Lupa Memesan Hotel Saat Berlibur? Coba 5 Tips Ini

Berikut adalah lima tips untuk Anda apabila tidak memiliki tempat peristirahatan di hari pertama berlibur.

Lupa Memesan Hotel Saat Berlibur? Coba 5 Tips IniIlustrasi kamar hotel. (Thinkstock)

Kita semua pernah melakukan kesalahan ketika berlibur. Ketinggalan kereta, barang tertinggal di rumah, bahkan lupa memesan hotel ketika didera sibuk di tempat baru. Berikut adalah lima tips untuk Anda apabila tidak memiliki tempat peristirahatan di hari pertama berlibur.

Berjalan-jalan Sepanjang Malam

Siang yang berganti malam bukan berarti Anda harus berdiam diri dan beristirahat karena lelah. Bila Anda sedang menunggu jadwal terbang yang masih ukup lama, cobalah untuk mencari bar atau tempat nongkrong terdekat di sekitar Anda.

(Baca juga: Tips Memilih Kamar Hotel Agar Tetap Aman)

Tanyakan pula pada orang sekitar mengenai tempat makan favorit di area terdekat. Cari tahu apa menu favoritnya. Jangan lupa untuk memesan secangkir kopi yang siap menemani Anda hingga penerbangan selanjutnya

Mencoba Aplikasi

Unduh salah satu dari sekian aplikasi yang dikembangkan secara khusus untuk para pelancong yang “tidak memiliki rencana”. Apabila bepergian ke luar negeri, temukan kafe terdekat untuk memanfaatkan wi-fi gratis.

Hotel Tonight menawarkan pemesanan menit terakhir bisnis satu-satunya. Aplikasi ini memberikan informasi secara detail mengenai rincian kamar hotel yang masih tersedia di seluruh dunia dan menawarkan harga diskon kepada para penggunanya.

(Baca juga: Menginap di Hotel Bernuansa Film, Musik dan Selebritas)

Selain Hotel Tonight, ada pula Priceline's Booking.com dan Hipmunk, di mana chipmunk—bajing tanah—virtual yang memakai kacamata akan mencarikan Anda sebuah ruangan, dan Stayful, yang menampilkan butik dan hotel yang bebas.

Menanyai Orang Lokal

Jika teknologi tidak dapat membantu, cobalah untuk berinteraksi dengan orang di sekitar Anda. Apabila beruntung, mereka akan memberikan informasi mengenai tempat penginapan yang tidak memiliki situs web atau rumah penduduk lokal yang membuka penginapan.

Biasanya, warga setempat sering mengetahui berbagai pilihan alternatif di daerah itu. Berinteraksilah dengan ramah untuk mendapatkan informasi penginapan, dan berhati-hatilah terhadap orang yang mencurigakan.

(Baca juga: Nihiwatu Sumba, Hotel Terbaik Dunia di Indonesia)

Menginap di Lobi Hotel

Meskipun Anda tidak mendapatkan kamar untuk beristirahat, menginap di lobi hotel menjadi alternatif termudah untuk dilakukan. Beristirahat di lobi hotel memiliki banyak kenyamanan, seperti adanya penjaga pintu dan tersedianya listrik di berbagai sudut. Yakinlah, tidak akan ada staf yang berani mengusir Anda dari sini.

Memperluas Pencarian

Ketika berkunjung ke suatu kota, Anda tentunya berkeinginan untuk mendatangi tempat terbaik di kota tersebut. Namun, saat Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk mendatanginya, cobalah memperluas pencarian dengan mendatangi tempat-tempat yang jarang dikunjungi di sekitar kota.

(Baca juga: Jam Berapa Kita "Check-in" dan "Check-out" di Hotel?)

Selain itu, Anda juga bisa mampir sebentar ke kota tetangga. Dengan cara-cara tersebut, Anda akan mendapatkan pengalaman baru dan menemukan bagian baru di kota yang belum pernah terjamah sebelumnya.

(Citra Anastasia. Sumber: Lindsay N. Smith/nationalgeographic.com)

KOMENTAR