Hewan Terlamban di Dunia Buktikan Kecepatan Bukanlah Segalanya
2017 / Juli / 31   20:00

Hewan Terlamban di Dunia Buktikan Kecepatan Bukanlah Segalanya

Serangkaian foto yang luar biasa menunjukkan sederetan hewan terlamban di dunia, baik di darat, udara, dan laut.

Hewan Terlamban di Dunia Buktikan Kecepatan Bukanlah SegalanyaLembu laut. West Palm Beach, Florida. (Sam Farkas, National Geographic Your Shot)

Seperti yang kita tahu, kungkang dan kura-kura terkenal dengan kecepatannya yang sangat lamban. Mereka juga tidak mampu bergerak lebih cepat ketika mengincar mangsa. Di sisi lain, banyak hewan yang bergerak lamban memiliki adaptasi evolusioner untuk menghindari mangsa. Misalnya, kura-kura yang memiliki tempurung untuk melindungi diri, dan siput yang menghasilkan lendir untuk menghilangkan “nafsu makan” pemangsa.

Kungkang Hoffmann berkaki dua, ...Kungkang Hoffmann berkaki dua, Kolumbia. (Cristian Castro Morales/National Geographic Your Shot)

Hewan laut yang lamban juga menggunakan pertahanan yang sama. Lembu laut berenang dengan kecepatan hanya lima mil per jam, tetapi mereka terlalu besar untuk dimakan hewan lain. Sekalipun ada hewan yang mencoba memakannya, kulit lembu laut terlalu sulit untuk dikunyah.

Hiu Greenland berenang lebih lamban, dengan kecepatan hanya 0,76 mil per jam. Dengan kecepatan tersebut, makhluk raksasa ini dapat menyelinap perlahan saat mangsanya tertidur. Mungkin, akan sia-sia jika kecepatan mereka di atas rata-rata.

Kura-kura raksasa Aldabra. ...Kura-kura raksasa Aldabra. Pulau Curieuse, Seychelles. (Dominik Greenwood/National Geographic Your Shot)

Siput Pisang Pescadero, ...Siput pisang. Pescadero, California. (Megan Hawk, National Geographic Your Shot)

Simak foto-foto menakjubkan lainnya tentang hewan terlambat di dunia pada halaman berikutnya.

KOMENTAR