Hal yang Harus Anda Ketahui sebelum Melancong ke Machu Picchu
2017 / Juli / 13   17:00

Hal yang Harus Anda Ketahui sebelum Melancong ke Machu Picchu

Tersembunyi selama berabad-abad di balik pegunungan Peru, Machu Picchu menjadi tempat yang wajib untuk disambangi para traveler.

Hal yang Harus Anda Ketahui sebelum Melancong ke Machu PicchuMachu Picchu (Thinkstock)

Machu Picchu merupakan situs yang masih memiliki beragam misteri. Situs ini telah dikunjungi lebih dari satu juta pengunjung setiap tahunnya.

Sebelum melancong ke Machu Picchu, ketahuilah beberapa hal berikut ini.

Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Machu Picchu

Waktu tersibuk untuk mengunjungi Machu Picchu adalah bulan Juni sampai Agustus. Biasanya, cuaca sedang kering dan menyenangkan pada bulan-bulan tersebut.

Namun, apabila Anda lelah dengan keramaian, cobalah mengunjungi Machu Picchu pada masa peralihan antara periode ramai dan periode sepi,yaitu di bulan April, Mei, September, dan Oktober.

Inca Trail dan Trek Alternatif Machu Picchu

Cara terpopuler bagi para pelancong untuk mencapai Machu Picchu adalah melalui Inca Trail. Anda akan melewati empat hari perjalanan dengan pegunungan dan bentangan alam yang indah di sekitar. Bagi mereka yang enggan melalui rute ini, ada versi dua hari dari Inca Trail yang lebih pendek dan mudah dengan kuota 500 orang per hari.

Selain Inca Trail, ada trek alternatif lain ke Machu Picchu yang patut untuk ditelusuri. Jalur Slakantay ditempuh selama lima hari dengan rute yang berat, tetapi menawarkan pemandangan yang luar biasa. Jalur Lares, lebih singkat sehari dari Slakantay, dan berhenti di komunitas Andes setempat. Apabila Anda masih kurang tertantang, cobalah jalur Choqueqirao yang akan membawa Anda ke reruntuhan Inca yang tersembunyi dan jarang terjamah pengunjung.

(Baca juga: Macchu Picchu, Destinasi Liburan Keluarga)

Paket Tur Machu Picchu

Beberapa perusahaan tur internasional menawarkan paket wisata ke Machu Picchu. National Geographic Expeditions, G Adventures, Intrepid Travel, dan National Geographic Expeditions merupakan tiga diantaranya. Apabila ingin melakukan tur yang lebih santai, mampirlah ke Cusco dan pesan perjalanan menuju Machu Picchu. Situs Smarter Travel atau Aviator juga layak dipertimbangkan.

Merencanakan Kunjungan Sendiri ke Machu Picchu

Untuk Anda yang gemar melancong sendirian, berangkatlah ke Machu Picchu dengan kereta api dari Cusco, Urubamba, atau Ollantaytambo. Tiket kereta api bisa didapatkan melalui situs penyedia tiket, Rel Rail dan Peru Rail, atau membelinya di kantor tiket di sekitar Peru.

Apabila Anda ingin pergi menggunakan bis, butuh waktu 20 menit untuk sampai ke reruntuhan. Anda dapat membeli tiket di bilik terminal di pusat kota Machu Picchu Pueblo. Atau, Anda bisa berjalan kaki dari Pueblo ke Machu Picchu selama 90 menit dengan jalan yang menanjak.

Untuk masuk ke Machu Picchu, Anda harus membeli tiket terlebih dahulu melalui situs pemerintah atau agen perjalanan. Anda tidak dapat membeli tiket tersebut secara spontan atau ketika Anda datang.

Baru-baru ini, Machu Picchu membuat sebuah kebijakan baru mengenai tiket. Kini, pengunjung bisa masuk ke reruntuhan sendiri secara bebas dengan pemandu wisata resmi pada periode tertentu. Anda dapat menelusuri keindahan Machu Picchu pada dua waktu tertentu : pagi hari (pukul 6 pagi sampai siang) atau siang hari (siang sampai pukul 5.30 sore).

(Baca juga: Peneliti: Gunung Padang Lebih Tua Daripada Machu Picchu)

Gunung Huayna Picchu dan Machu Picchu

Ada dua pilihan area pendakian di dalam reruntuhan Machu Picchu, yaitu Huayna Picchu dan Huchuy Picchu. Huayna Picchu adalah salah satu yang terpopuler, sedangkan Huchuy Picchu merupakan gunung kecil di depan Huayna Picchu.

Perjalanan pulang-pergi ke puncak Huchuy Picchu memakan waktu sekitar 45 menit. Apabila Anda ingin menyaksikan pemandangan yang lebih spektakuler, telusurilah rute Huayna Picchu selama kurang lebih dua jam pulang-pergi. Untuk melihat Kuil Bulan, bagian dari Gran Caverna, atau Gua Agung, membutuhkan waktu tambahan sekitar satu atau dua jam lagi.

Selain itu, ada pula area pendakian Gunung Machu Picchu yang patut untuk dipertimbangkan. Area ini tidak seramai jalur Huayna Picchu karena tingginya yang melebihi Huayna Picchu (lebih dari 10.000 kaki). Jalur pendakian ini memakan waktu satu jam lebih lama dari Huayna Picchu, tetapi pemandangannya tak kalah untuk diacungi jempol.

Hotel di Machu Picchu

Jika Anda ingin bermalam tepat di sebelah reruntuhan dan melihat matahari terbit ketika bangun tidur, maka Belmond Sanctuary Lodge adalah pilihan yang sangat tepat. Hotel ini terletak beberapa langkah dari pintu masuk utama.

Di samping itu, sebagian besar pengunjung juga memilih untuk menginap di Inkaterra Machu Picchu Pueblo. Hotel ini dekat dengan beberapa restoran dan stasiun kereta api Machu Picchu Pueblo, lengkap dengan air mancur dan pemandangan yang meneduhkan. Banyak pula perapian dan perabotan bergaya kolonial yang disuguhkan disana.

(Baca juga: Lupa Memesan Hotel Saat Berlibur? Coba 5 Tips Ini)

Selain dua di atas, ada pula hotel Casa Andina Standard dan Tierra Viva Machu Picchu yang menawarkan kamar yang nyaman dengan pemandangan sungai di luarnya.

Tips Perjalanan ke Machu Picchu

Pertama, kenakan sepatu yang nyaman. Machu Picchu merupakan situs besar dengan banyak bukit dan tangga, sehingga perlu untuk menggunakan alas kaki yang nyaman untuk digunakan. Jika Anda perlu menggunakan tongkat, pastikan memiliki ujung dari karet untuk melindungi reruntuhan.

Kedua, persiapkan berbagai perlengkapan fisik. Cuasa dapat berubah dengan cepat di pegunungan. Pastikan Anda membawa tabir surya, topi bertepi lebar, dan perlengkapan hujan, dan obat nyamuk.

Ketiga, jangan makan di dalam area reruntuhan. Apabila Anda lapar, Anda dapat menyambangi prasmanan di Belmond Sanctuary Lodge dan bar makanan ringan di sekitar gerbang utama. Apabila Anda membawa makanan, pastikan untuk tidak membuang sampah di sekitar reruntuhan.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah Machu Picchu, berhentilah di Museo Manuel Chavez Ballon, sebuah museum kecil dengan informasi tentang reruntuhan. Museum ini berjarak sekitar 30 menit berjalan kaki dari Machu Picchu Pueblo.

(Citra Anastasia. Sumber: www.smartertravel.com)

KOMENTAR