Drone Gravitasi Nol Kirim Foto-foto Pertama dari Luar Angkasa

Drone Gravitasi Nol Kirim Foto-foto Pertama dari Luar Angkasa

Drone tersebut dapat melayang di lingkungan dengan kondisi gravitasi nol dan dioperasikan dari Bumi serta membantu astronaut mendokumentasikan pekerjaan mereka.

Drone Gravitasi Nol Kirim Foto-foto Pertama dari Luar AngkasaDrone yang disebut JEM Internal Ball Camera (Int-Ball) itu dapat melayang di lingkungan dengan kondisi gravitasi nol dan dioperasikan dari Bumi. (JAXA)

Japan's Aerospace Exploration Agency (JAXA) merilis foto-foto pertama yang diambil oleh drone di Stasiun Antariksa Internasional (ISS). Drone yang disebut JEM Internal Ball Camera (Int-Ball) itu dapat melayang di lingkungan dengan kondisi gravitasi nol dan dioperasikan dari Bumi.

JAXA menyatakan bahwa drone tersebut dikirim ke ISS sejak awal Juni. Tetapi baru saat ini gambar-gambar pertama yang diambil di stasiun antariksa itu dirilis.

Int-Ball dapat bergerak ...Int-Ball dapat bergerak kemanapun, kapan pun, secara otonom di luar angkasa dan merekam gambar diam dan bergerak dari berbagai sudut pandang. (JAXA)

Menurut pernyataan JAXA, drone tersebut dapat bergerak kemanapun, kapan pun, secara otonom di luar angkasa dan merekam gambar diam dan bergerak dari berbagai sudut pandang.

Tujuan drone ini dibuat cukup sederhana, yaitu mengambil gambar dan video untuk mendokumentasikan pekerjaan dan eksperimen para astronaut di ISS. Pekerjaan itu biasanya dilakukan sendiri oleh para astronaut. Memotret di lingkungan dengan gravitasi nol bukan hal mudah. Pekerjaan itu memakan sekitar 10 persen jam kerja para astronaut.

Foto yang diambil menggunakan ...Foto yang diambil menggunakan Int-Ball. (JAXA)

Gambar dan video yang terekam dapat dikirim ke Bumi pada saat itu juga. Berkat Int-Ball, para ilmuwan di Bumi dapat memantau pekerjaan para kru di ISS dengan sudut pandang yang sama dengan para kru sendiri.  

Saksikan aksi Int-Ball di ISS dalam video berikut ini. 

(Lutfi Fauziah. Sumber: iss.jaxa.jp)

KOMENTAR