Banjir Fenomenal Ciptakan Hiasan Alam yang Menakjubkan
2017 / Juli / 21   10:52

Banjir Fenomenal Ciptakan Hiasan Alam yang Menakjubkan

Di antara dampaknya yang menghancurkan, banjir fenomenal di Burlington, Wisconsin’s Fox River, menciptakan lanskap yang menakjubkan.

Banjir Fenomenal Ciptakan Hiasan Alam yang MenakjubkanBanjir telah mengubah sebuah pertambangan menjadi danau dengan air terjun yang mengalir. (National Geographic)

Dilihat dari atas, hamparan air yang luas dengan air terjun yang mengalir ini terlihat seperti danau yang terpencil. Namun, rekaman drone terkini yang menangkap kenampakan alam itu mematahkan anggapan tersebut.

Dari hasil rekaman, ditunjukkan bahwa terdapat tambang batu industri yang terkena banjir di selatan Burlington, Wisconsin. Simak videonya berikut ini.

Hujan lebat di daerah tersebut menyebabkan kawasan Fox River berada di atas tingkat normal. Pada tanggal 13 Juli, sungai tersebut mencapai ketinggian yang historis, yaitu 16,5 kaki.

Ratusan orang telah dievakuasi dari rumah mereka, tanah longsor pun ikut “meramaikan” bencana, dan Garda Nasional telah dikerahkan untuk membantu penanganan bencana.

Pada 15 Juli, sekitar 4.000 penduduk tidak dapat mengakses listrik dan telepon. Saluran telepon pemerintah kota masih terputus pada saat artikel ini terbit.

Biasanya, danau terbentuk saat air mengisi cekungan alami yang diciptakan oleh gletser yang surut, aktivitas tektonik, letusan gunung berapi, atau sungai yang terbendung. Danau juga bisa terbentuk saat sungai meluap dan meninggalkan badan air saat banjir surut.

Namun, "danau" baru ini tampaknya tidak akan bertahan lama. Bendungan Danau Echo di sebelah utara Burlington dibuka beberapa inci untuk mengurangi tekanan pada daerah-daerah yang terkena dampak bencana. Air mungkin akan segera berhenti mengalir ke tambang dan mengering.

(Citra Anastasia. Sumber: Sarah Gibbens/National Geographic)

KOMENTAR