Tips Mudik Nyaman Bersama Anak
2017 / Juni / 21   18:08

Tips Mudik Nyaman Bersama Anak

Agar anak tetap tenang dan nyaman selama perjalanan mudik, beberapa tips ini bisa dilakukan.

Tips Mudik Nyaman Bersama AnakMelakukan perjalanan bersama anak-anak. (Thinkstock)

Melakukan perjalanan jarak jauh di musim mudik tentu kita harus menyiapkan diri menghadapi kemacetan atau juga keterlambatan jadwal perjalanan jika menggunakan kendaraan umum. Kondisi ini tentu menjadi tantangan bagi orangtua yang akan mengajak anak-anaknya menempuh perjalanan panjang tersebut.

Perjalanan mudik tentu merupakan sesuatu yang berbeda bagi anak. Menurut Psikolog Anna Surti Ariani, M.Si, kesempatan ini bisa dimanfaatkan orangtua untuk meningkatkan interaksi dengan si kecil.

"Bisa juga mengenalkan anak pada lingkungan yang jarang ia temui sehari-hari," papar psikolog yang akrab disapa Nina ini dalam acara temu media bertema Mudik Nyaman SGM untuk Bunda dan Si Kecil di Jakarta (5/6/2017).

Agar anak tetap tenang dan nyaman selama perjalanan mudik, beberapa tips ini bisa dilakukan.

1. Orangtua harus menunjukan sikap tenang selama di perjalanan karena hal itu juga akan mempengaruhi kenyamanan si kecil.

2. Bawalah mainan favoritnya seperti boneka, mobil-mobilan atau sebagainya. Disarankan untuk membawa mainan anak lebih dari satu. Agar anak tak cepat bosan, berilah anak mainan secara satu persatu, bukan sekaligus.

"Selain memberikan mainan, bisa juga ciptakan permainan sendiri, seperti tebak kata, menghitung jumlah mobil berwarna merah yang dilihatnya, atau apa saja sepanjang perjalanan," kata Nina.

3. Persiapan yang baik, dimulai dengan mencari informasi yang jelas tentang jalur yang akan dilalui termasuk tempat peristirahatan. Carilah tempat peristirahatan yang nyaman, saat si kecil mulai rewel dan merasa tidak nyaman dalam kendaraan, beristirahatlah dan ajak si kecil bermain sebentar.

"Disarankan untuk beristirahat setiap 2 atau 3 jam. Selain mengembalikan stamina orangtua yang membawa kendaraan, si kecil pun tidak cepat bosan dengan perjalanan yang tengah ditempuhnya," ujarnya.

(Iwan Supriyatna/Kompas.com)

KOMENTAR