Tim WISSEMU Bersiap Lanjutkan Ekspedisi ke Gunung Denali
2017 / Juni / 12   21:00

KISAH PENDAKIAN PEREMPUAN INDONESIA KE GUNUNG DENALI, ALASKA

Tim WISSEMU Bersiap Lanjutkan Ekspedisi ke Gunung Denali

Tinggal dua langkah lagi, Tim WISSEMU akan mencetak sejarah sebagai perempuan Indonesia pertama yang berhasil menggapai tujuh puncak tertinggi di tujuh benua.

Tim WISSEMU Bersiap Lanjutkan Ekspedisi ke Gunung DenaliFransiska Dimitri Inkiriwang (23) dan Mathilda Dwi Lestari (23), perwakilan Tim WISSEMU berfoto bersama sebelum bertolak ke Alaska. (Mahitala Unpar)

Tim The Women of Indonesia’s Seven Summits Expedition Mahitala-Unpar (WISSEMU) kembali melanjutkan ekspedisi mereka untuk mencapai tujuh puncak tertinggi di tujuh benua. 

Setelah berhasil mencatatkan sejarah sebagai tim perempuan Indonesia pertama yang berhasil mendaki puncak tertinggi di Antartika, yaitu Puncak Gunung Vinson Massif (4.892 mdpl), Tim WISSEMU bersiap untuk memulai ekspedisi ke Gunung Denali, Alaska.  

Denali berarti The Great One ...Denali berarti The Great One adalah nama yang diberikan oleh suku Koyukon Athabascan yang merupakan penghuni asli di sekitar gunung ini. Namun pada tahun 1896 seorang penmabang emas menamai gunung ini dengan nama Mount Mckinley, diadaptasi dari nama Presiden Amerika yang sedang menjabat saat itu. Kemudian pada tahun 2015 nama Gunung Mckinley resmi dirubah kembali menjadi Gunung Denali oleh Presiden Obama. (Thinkstock)

Dalam ekspedisi bertajuk “BRI WISSEMU Reaching Denali Summit” ini, Tim diwakili oleh Fransiska Dimitri Inkiriwang (23) dan Mathilda Dwi Lestari (23). Tim WISSEMU bertolak ke Alaska pada hari Senin, 12 Juni 2017.

Demi kelancaran ekspedisi ini, Tim WISSEMU telah melakukan persiapan fisik seperti latihan beban, lari jauh, lari trek, yoga, berenang, climbing, bouldering, dan lainnya selama lima bulan terakhir. Bukan hanya itu, tim juga memantapkan kesiapan mental serta memenuhi kebutuhan logistik.

Berbincang bersama Tim WISSEMU ...Berbincang bersama Tim WISSEMU sebelum bertolak ke Alaska. (Mahitala Unpar)

Persiapan yang dilakukan tak main-main karena Gunung Denali yang memiliki ketinggian 6.190 mdpl ini dikenal dengan jalur pendakiannya yang panjang, bahkan melebihi jalur pendakian Gunung Everest. Selain itu, Tim juga harus bersiap menghadapi cuaca ekstrem di Denali yang bisa mencapai suhu minus 60 derajat Celsius dan bisa mencapai minus 83 Celsius dengan tambahan angin. 

Selain itu, pendakian kali ini diperkirakan akan memakan waktu selama 22 hari, dengan total beban yang akan dibawa masing-masing sekitar 40 kg. Denali National Park Service tidak menyediakan jasa porter sehingga setiap pendaki harus membawa seluruh kebutuhan logistik tim sendiri yang dibagi pada ransel di pundak dan menarik kereta luncur (sled).

Gunung Everest memiliki puncak ...Gunung Everest memiliki puncak tertinggi di dunia, sedangkan Gunung Denali memiliki perubahan jarak elevasi dari basecamp menuju puncak yang terpanjang yaitu mencapai 4.000 meter sedangkan perubahan jarak elevasi dari basecamp menuju puncak sebesar 3.700 meter. (Thinkstock)

Gunung Denali merupakan gunung keenam yang akan didaki oleh Tim WISSEMU dalam misi menyelesakan trek Seven Summits. Sebelumnya Tim WISSEMU telah berhasil mendaki Gunung Carstensz Pyramid (4.884 mdpl) yang mewakili Lempeng Australasia pada 13 Agustus 2014, Gunung Elbrus (5.642 mdpl) yang mewakili Lempeng Eropa pada 15 Mei 2015, Gunung Kilimanjaro (5.895 mdpl) yang mewakili Lempeng Afrika pada 24 Mei 2015, Gunung Aconcagua (6.962 mdpl) yang mewakili Benua Amerika Selatan pada 30 Januari 2016, dan Gunung Vinson Massif (4.892 mdpl) yang mewakili Lempeng Antartika pada 5 Januari 2017. 

(Lutfi Fauziah)

KOMENTAR