Teka-teki di Balik Meredupnya Bintang ''Megastruktur Alien''
2017 / Mei / 24   20:20

Teka-teki di Balik Meredupnya Bintang "Megastruktur Alien"

Bintang "Megastruktur Alien" ini telah lama menarik rasa ingin tahu para ilmuwan karena perilaku ganjilnya yang memicu kemunculan teori-teori baru.

Teka-teki di Balik Meredupnya Bintang ''Megastruktur Alien''Ilustrasi fenomena badai komet di Bintang Tabby. (NASA/JPL-Caltech)

Beberapa minggu terakhir, astronom amatir maupun profesional terus mengarahkan teleskop mereka ke objek luar angkasa bernama KIC 8462852 atau dikenal sebagai bintang Tabby atau bintang "Megastruktur Alien". Hal tersebut dilakukan karena cahaya bintang Tabby mulai meredup hingga kehilangan lebih dari 20 persen cahayanya.

Biasanya, peredupan pada bintang terjadi karena ada objek—seperti planet—yang mengorbit bintang jauh.Tetapi meredupnya bintang Tabby merupakan kasus unik. Jika penyebabnya adalah planet yang melintas, peredupan cahaya tidak mungkin sebesar yang terjadi pada bintang Tabby. Sebagai perbandingan, planet raksasa seperti Jupiter hanya akan meredupkan cahaya bintang sebesar satu persen.

Banyak teori yang berkembang soal perilaku aneh ini. Tahun 2015 lalu, Jason Wright, astronom Pennsylvania State University mengemukakan pendapat bahwa peredupan itu bisa jadi disebabkan oleh Dyson Sphere—megastruktur alien, hipotesis yang diusulkan oleh fisikawan Freeman Dyson pada 1960. Menurut hipotesis, Dyson Sphere merupakan struktur raksasa yang dapat menyedot tenaga surya hasil kreasi peradaban maju. Selama pembangunannya, struktur ini akan mengorbit Matahari dan sesekali menghalangi cahayanya. Dyson menganjurkan kepada para astronom untuk meneliti lebih lanjut struktur ini untuk membantu menemukan peradaban alien.

Tapi jangan keburu panik dulu. Sebab, alien berada di urutan terbawah dalam daftar penyebab fenomena alam. Pengamatan paling baru akhirnya dapat mengantarkan para peneliti pada jawaban yang lebih ilmiah. Beberapa ilmuwan menduga ada sesuatu yang sangat besar mengorbit bintang, seperti gerombolan komet. 

Matt Muterspaugh, astronom Tennessee State University menyampaikan kepada Loren Grush dari The Verge, Jika penyebabnya badai komet, maka artinya komet-komet tersebut mengorbit sangat dekat dengan bintang yang memanaskan mereka sehingga cukup untuk membuat komet-komet itu muncul dalam gambar inframerah. Namun seandainya megastruktur alien memang penyebabnya, para ilmuwan belum yakin bagaimana penampakannya. 

"Teori itu [megastruktur alien] masih menjadi salah satu yang valid," ujar Muterspaugh. Kemudian ia menambahkan, "Kami akan sangat tidak suka mengarah ke pemikiran itu, karena merupakan hal yang cukup besar. Tentu akan luar biasa, tetapi sebagai ilmuwan, kami berharap ada penjelasan yang lebih ilmiah."

Awal tahun ini, sebuah tim astronom muncul dengan teori menarik lainnya. Menurut hipotesis mereka, bintang Tabby telah memakan salah satu planetnya sendiri pada suatu waktu dalam sepuluh ribu tahun terakhir. Peristiwa itu memicu bintang bersinar lebih cerah, dan sekarang, bintang itu meredup karena sedang mencerna makanan kosmiknya.

(Lutfi Fauziah. Sumber: National Geographic, Smithsonianmag.com)

KOMENTAR