Serial Foto: Dongeng Hidup di Rusia
2017 / Juli / 7   17:00

Serial Foto: Dongeng Hidup di Rusia

Foto-foto karya Frank Herfort berikut ini menampilkan keseharian masyarakat Rusia, mengungkap sisi lain negara yang seringkali dinilai terlalu dini.

Serial Foto: Dongeng Hidup di Rusia"Ball In Forest," 2014. (Frank Herfort via National Geographic)

Apa itu dongeng? Sebuah fiksi liar dengan hikmah yang tersembunyi di tiap karakternya. Atau rangkaian kisah dari peritiwa-peristiwa yang terjadi di antah berantah. Penulis, G.K. Chesterton, menyebut dongeng sebagai kisah-kisah yang menunjukkan bahwa kedamaian dan kebahagiaan hanya tercipta dari beberapa kondisi, bahwa kebajikan harus menang dari kejahatan.

Dongeng Modern lebih sulit dikenali. Kejahatan tak dapat dengan mudah ditetapkan, sama halnya dengan kebaikan. Namun jika ada negara yang seringkali digeneralisir, jawabannya kemungkinan adalah Rusia; memiliki politik yang agresif, pemimpin yang kejam, dominasi mereka di Suriah, Ukraina dan Olimpiade. Penduduknya sendiri belum pernah nampak lebih percaya diri. Reputasi Rusia belum pernah separah saat ini di dunia barat.

Hanya dengan melihat Rusia secara dekat, pemandangan keseharian di sana menjadi lebih menarik. Itulah rasa kebanggaan yang mendorong fotografer Frank Herfort, seorang warga negara Jerman, pergi ke Moskow, tempat yang sekarang menjadi rumah keduanya. Herfort juga membuat serangkaian foto yang disebutnya sebagai “dongeng Rusia.”

"Dreaming," 2015 (Frank Herfort via National Geographic)

Karya Herfort mungkin dapat menceritakan Rusia yang sedang bersantai. Bukan Rusia yang bertarung dengan manipulasi politik, namun Rusia yang para penduduk jomponya menghabiskan waktu sore hari di kolam.

Herfort berkeliling, kadang hanya ditemani sebuah tas punggung, dan mengamati keseharian orang-orang, seperti saat seorang wanita menunggu kereta. Ia meminta izin pada setiap subjek fotonya, dan seringkali, mereka menyetujuinya dengan bingung. Di saat-saat tertentu, mereka diminta untuk mengulangi apa yang mereka lakukan sesaat sebelumnya; cara mereka berjalan, cara mereka berdiri, ekspresi wajah mereka.

"Elevator to Kirov," 2015 (Frank Herefort/National Geographic)

Interaksi canggung di antara orang-orang yang tak saling mengenal nampaknya menjadi tujuan utama Herfort: Seorang wanita yang terduduk di pinggiran jendela, seorang pria yang berjalan menuruni tangga, pedagang semangka di pinggir jalan.

Mudah untuk mengira bahwa fotografi cenderung ke arah yang kuat dan bombastis, saat kualitas gambar diukur dengan jumlah likes dan shares. Herfort telah menemukan kekuatan dalam gambar sederhana dengan komposisi yang baik, pencahayaan cukup, dan memiliki nilai keseharian.

"Russia Soul," 2005 (Frank Herfort via National Geographic)

Terutama di Rusia, Anda dapat melewatkan banyak nuansa negara ini jika hanya dengan membaca koran, ujar Herfort. Anda mungkin akan mengira Rusia sebagai sesosok penjahat dalam dongeng, namun pada kenyataannya, ada jutaan dongeng kecil yang di luar realitas, aneh, dan patut dilihat. “Ada hal-hal lain yang terjadi di sana. Masih ada sesuatu yang indah, sesuatu yang aneh.” Dalam kehidupan sehari-hari, Anda dapat menyebut sesuatu itu sebagai kebanggaan.

Simak foto-foto "dongeng Rusia" karya Herfort berikut ini.

"Administrator," 2005. (Frank Herfort via National Geographic)

"Missed," 2011. (Frank Herfort via National Geographic)

"Correspondence," 2006. (Frank Herfort via National Geographic)

"Changing Times," 2005. (Frank Herfort via National Geographic)

Simak lebih banyak foto di halaman selanjutnya. 

KOMENTAR