Lima Jenis Makanan yang Ampuh Redakan Stres

2017 / April / 17   13:31

Lima Jenis Makanan yang Ampuh Redakan Stres

Jika Anda tipe orang yang melampiaskan stres dengan cara makan banyak, lima jenis makanan ini bisa jadi pilihan terbaik.

Lima Jenis Makanan yang Ampuh Redakan StresCokelat hitam. (Thinkstock)

Saat stres melanda, sebagian besar orang mungkin melampiaskannya dengan cara makan sepuasnya. Biasanya, pilihan jatuh pada makanan siap saji maupun camilan seperti keripik kentang. Meski rasanya memanjakan lidah, sayangnya jenis makanan tersebut tak ampuh untuk meredakan stres.

Sebenarnya, Anda tetap bisa melampiaskan stres dengan makan banyak, asalkan pilihan makanannya tepat. Beberapa makanan mengandung nutrisi yang terbukti secara ilmiah menghasilkan energi, menurunkan kadar kortisol (hormon stres) dan meningkatkan serotonin.

Berikut ini lima makanan yang ampuh memerangi stres dan memberikan beragam manfaat sehat:

Sayuran hijau

Sayuran hijau. Sayuran hijau. (Thinkstock)

“Sayuran berdaun hijau seperti bayam mengandung folat, yang menghasilkan dopamin—senyawa kimia di yang merangsang rasa senang di otak, sehingga membuat Anda tetap tenang,” kata Heather Mangieri, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

Kalkun

Kalkun. Kalkun. (Thinkstock)

Tryptophan, asam amino yang terdapat pada kalkun menghasilkan serotonin. Senyawa kimia tersebut mengatur rasa lapar, kebahagiaan dan kenyamanan.

Studi tahun 2006 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 1 gram tryptophan tiga kali sehari mengalami perubahan suasana hati. Mereka cenderung kurang agresif dan argumentative ketimbang orang yang mengonsumsi plasebo.

Ikan berlemak

Salmon. Salmon. (Thinkstock)

Hidangan laut seperti ikan tuna, salmon dan trout memiliki kadar asam lemak omega-3 tinggi yang tak hanya menurunkan tingkat inflamasi, tetapi juga kecemasan. Studi pada tahun 2011 menyebutkan, suplemen omega-3 harian dapat menurunkan kecemasan hingga 20 persen.

Biji-bijian utuh

Roti gandum. Roti gandum. (Thinkstock)

Karbohidrat merangsang produksi serotonin, senyawa alami yang bertugas selayaknya obat anti depresi. Selain itu, serotonin juga memiliki manfaat tambahan, yaitu membuat Anda merasa kenyang sehingga mencegah makan berlebih. Wajib diingat, makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh seperti roti gandum dan oatmeal lebih baik dari roti tawar putih.

Cokelat hitam

Cokelat hitam. Cokelat hitam. (Thinkstock)

Mencamil sedikit cokelat hitam bisa mengurangi hormone stres, dan kandungan antioksidannya juga bisa membuat pembuluh darah rileks, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi. 

(Lutfi Fauziah. Sumber: Medical Daily)

KOMENTAR