Berpelesir ke Indahnya Pusat Konservasi Tumbuhan Pegunungan Jawa

2017 / April / 20   09:24

200 Tahun Kebun Raya Bogor

Berpelesir ke Indahnya Pusat Konservasi Tumbuhan Pegunungan Jawa

Kebun Raya Baturraden memiliki koleksi 2.367 spesimen tumbuhan, yang sebagian besar merupakan tumbuhan pegunungan Jawa.

Berpelesir ke Indahnya Pusat Konservasi Tumbuhan Pegunungan JawaKebun Raya Baturraden yang diresmikan oleh Megawati Soekarnoputri. (Kebun Raya Bogor)

Kebun Raya Baturraden yang berada di Purwokerto ini merupakan salah satu kebun raya yang diresmikan pada 2015 oleh Megawati Sukarno Putri. Di masa jabatannya sebagai presidenlah inisiasi pembentukan kawasan Konservasi yang terletak di wilayah Kabupaten Banyumas ini, terjadi.

Kebun Raya Baturaden berada di areal Lokawisata Baturraden, bersebelahan persis dengan Bumi Perkemahan, dan terletak di desa Kemutuk Lor, Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas.

Kawasan ini berada 14 kilometer dari Kota Purwokerto, dan kini menjadi salah satu kawasan favorit wisatawan lokal maupun asing.

Kebun Raya yang memiliki visi sebagai wilayah konservasi  tumbuhan Pegunungan Jawa ini telah menyimpan sebanyak 2.367 spesimen tumbuhan. Sebanyak 517 di antaranya merupakan tumbuhan endemik dan langka.

Terkait dengan koleksi ini, kini para tim peneliti berusaha menjaga dan mengembangkan potensi yang dimiliki tumbuhan tersebut, agar suatu saat nanti dapat tumbuh mandiri di habitat aslinya.

Selain tanaman dan spesies langka, Kebun Raya Baturraden juga memiliki salah satu areal yang menjadi tempat favorit wisatawan dalam rangka melakukan kegiatan swafoto atau lebih kita kenal sebagai selfie, yaitu kebun bunga lili atau Kawasan Liliana.

(Nadya Adriane Pattiasina)

KOMENTAR