Ada 1.215 Tanaman Palem di Kebun Raya Bogor

2017 / April / 20   09:16

200 Tahun Kebun Raya Bogor

Ada 1.215 Tanaman Palem di Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor tercatat memiliki 1.215 spesimen yang dimiliki oleh kebun raya bogor dengan varian 286 jenis dan terbagi dalam 92 marga.

Ada 1.215 Tanaman Palem di Kebun Raya BogorKelapa kembar koleksi Kebun Raya Bogor. Lodoicea maldivica dikenal dengan kelapa kembar atau kelapa jenggi merupakan tumbuhan endemik pulau Praslin dan Curieuse, pulau di Seychelles dengan luas wilayah 41 km2. (Yunaidi/National Geographic Indonesia)

Tanaman palem merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat diminati oleh masyarakat untuk dijadikan tanaman hias. Tanaman ini merupakan tanaman yang hidup di daerah tropis maupun sub-tropis, oleh karenanya tanaman ini sangat mudah untuk dipelihara sebab ketahanannya pada segala kondisi cuaca dan kemudahan dalam proses pemeliharaannya.

Tanaman palem merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah untuk dikenali oleh orang awam, ada beberapa karakteristik yang dapat memudahkan anda untuk membedakan tanaman palem dengan tanaman lainnya, mudahnya adalah tampilan pohon kelapa yang apabila kita temukan ciri ciri karakteristik tampilan pohon kelapa pada pohon lain walaupun berukuran kecil, seperti palem botol, maka dapat dipastikan bahwa kedua tumbuhan tersebut berasal famili palem-paleman.

Selain ciri-ciri fisik yang dapat dengan mudah dikenali, ternyata tanaman palem banyak membantu keberlangsungan hidup umat manusia sampai dengan saat ini. hal ini dapat kita temukan dalam setiap aspek kehidupan kita sehari-hari mulai dari yang terkecil seperti penggunaan getah dari pohon aren sebagai gula sampai dengan batang rotan yang dijadikan perabot rumah tangga.

Dalam penyebarannya di dunia tercatat terdapat sebanyak 2.800 jenis pohon palem yang ada di dunia dengan turunan sebanyak 200 marga. Dalam catatan koleksi kebun Raya Bogor tercatat memiliki 1.215 spesimen yang dimiliki oleh kebun raya bogor dengan varian 286 jenis dan terbagi dalam 92 marga.

Berikut adalah beberapa contoh koleksi tanaman palem Kebun Raya Bogor, selain kelapa kembar, yang lazim kita ditemui produk turunannya dalam kehidupan sehari-hari, seperti;

Arengapinata : Pohon Aren sebagai bahan baku produksi Gula Aren

Borasus Flabellifer : Rotan

Elais Guineensis : Kelapa Sawit

Areca Cathecu : Pinang Sirih

(Nadya Adriane Pattiasina. Sumber: PKT Kebun Raya Bogor)

KOMENTAR