Sarung Tangan Pintar Untuk Kegiatan Luar Ruang

Lindungi tangan Anda dari elemen-elemen berbahaya saat menggunakan perangkat dengan layar sentuh.

Sarung Tangan Pintar Untuk Kegiatan Luar RuangSarung Tangan Sensori buatan Outdoor Research. (Outdoor Research)

Teknologi yang membuat sarung tangan yang mampu berinteraksi dengan layar sentuh sebenarnya sudah ada sebelumnya, namun pabrikan baru mulai memproduksinya.

Outdoor Research (OR) adalah pelopor awal di pasar ini, dengan menciptakan TouchTec Leather, dengan bahan yang men-simulasi konduktivitas di kulit, sarung tangan ini dapat berfungsi untuk menyentuh layar gawai Anda.

Perusahaan tersebut kini memiliki 51 model sarung tangan yang memiliki fitur serupa. Pengrajin sarung tangan asal Italia,  Gordini, memiliki 22 model, brand sarung tangan tahan air asal Inggris,  Sealskinz, memiliki 46 model, dan Pearl Izumi memiliki 10 model.

Semua brand tadi memudahkan target konsumennya dengan menjual produk via daring Brand lainnya seperti, The North Face, dan Eddie Bauer juga membuat sarung tangan serupa, namun mereka tidak menaruhnya di website sehingga calon pembeli harus mencari sarung tangan dengan fitur tadi secara langsung .

Jenis-jenis Sarung Tangan

Sarung tangan yang sesuai dengan layar sentuh datang dengan beragam model. Sejumlah brand menawarkan model mittens, dan brand lain menawarkan model sarung tangan berjari (ada juga model cakar lobster).

Model yang standar juga bervariasi, dari sarung tangan ski, hingga sarung tangan rajutan. Saya adalah penggemar berat sarung tangan yang menawarkan penyesuaian pada layar sentuh di tiap jari. Akan sangat berguna ketika kebasahan dan air di layar ataupun di sarung tangan menghambat fitur layar sentuh untuk bekerja.

Jika satu jari tidak berfungsi, kita dapat menggunakan jari lainnya sebagai pengganti. Trik lain untuk memaksimalkan penggunaan sarung tangan Anda adalah untuk menggunakan potongan pengering saat menghadapi masalah dengan air. Potongan itu dapat menyerap air di layar, sebelum Anda menyentuhnya dengan jari. Jika Anda terjebak hujan deras, baiknya Anda juga memiliki  kotak penyimpanan dari LifeProof atau gawai yang tahan air.

Jenis-jenis Cakupan

Seperti yang sudah saya katakan, saya ingin memiliki sarung tangan yang dapat seusai dengan layar sentuh di tiap jarinya, tapi tidak hanya saat saya terjebak hujan. Layar sentuh saat ini dapat mengenali gestur sentuh ganda.

Tiap sentuhan yang berbeda maka akan memberikan perintah yang berbeda pada gawai. Oleh karenanya, jika perintah yang Anda inginkan hanya memerlukan gestur sederhana, maka tidak ada masalahnya dengan sarung tangan model cakar lobster ataupun mittens.

Hal yang tidak mungkin dilakukan oleh sarung tangan ini hanyalah untuk membuat gawai Anda mengenai sidik jari. Itu berarti Anda harus memasukkan kode pengaman jika Anda mau melakukan hal selain menjawab telfon dan memotret.

Alternatif

Banyak cara untuk menggunakan gawai layar sentuh Anda tanpa harus menyentuh layar. Contohnya, Anda dapat menggunakan fitur perintah melalui suara yang bahkan dapat digunakan saat gawai Anda dalam keadaan terkunci. Headset bluetooth juga dapat digunakan tanpa harus menyentuh layar.

Perangkat bluetooth biasanya juga memiliki tombol untuk mengangkat telfon, mengatur volume, menghentikan musik, dan banyak lagi. Namun, jika keperluan Anda mengharuskan penggunaan layar sentuh - seperti navigasi atau aplikasi GPS, memotret atau merekam video - sarung tangan layar sentuh tersebut dapat sangat berguna.

(Cameron Martindell/National Geographic)

KOMENTAR