2017 / Maret / 16   13:33

Kebiasaan Menginjak Punggung, Amankah untuk Kesehatan?

Sering meminta bantuan anggota keluarga untuk menginjak atau menekan bagian tulang belakang agar badan terasa lebih enak bisa berdampak pada kesehatan.

Kebiasaan Menginjak Punggung, Amankah untuk Kesehatan?Menginjak punggung untuk mengurangi rasa pegal. (Thinkstock)

Saat letih dan punggung mulai terasa pegal, hal yang ingin Anda lakukan adalah menikmati sesi pijat dengan ahlinya. Sayangnya, kesibukan membuat Anda tak punya waktu khusus untuk melakukannya. 

Anda pun meminta bantuan anggota keluarga untuk menginjak atau menekan bagian tulang belakang agar badan terasa lebih enak.

Namun, ternyata membunyikan tulang punggung dengan cara memutar tubuh terbilang lebih aman. Walaupun kebiasaan ini bisa menjadi "kecanduan" layaknya menggigit kuku, umumnya tidak akan menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang, dengan syarat Anda melakukannya sendiri.

Sedangkan, meminta bantuan orang lain untuk memijat punggung, entah itu menginjak punggung dengan kaki atau memijat dengan tangan, saat Anda dalam posisi rebahan, sebaiknya tak dilakukan.

Menurut Greg Kawchuk, Ph.D., seorang profesor di departemen terapi fisik di University of Alberta di Edmonton, orang lain dapat menggunakan kekuatan atau tekanan berlebihan, melebihi kekuatan ligamen dan buku-buku, sehingga berisiko menyebabkan cedera tulang punggung.

"Mendorong permukaan sendi dengan cara membunyikannya memang memungkinkan sendi bergerak lebih leluasa dan memberikan rasa lega. Namun, baiknya Anda melakukannya sendiri dengan cara yang aman. Hindari meminta orang lain untuk melakukannya," kata Kawchuk.

(Bestari Kumala Dewi/Kompas Health)

KOMENTAR