Kawanan Kalkun Lakukan ''Ritual Kematian'' dengan Mengelilingi Bangkai Kucing
2017 / Maret / 7   15:41

Kawanan Kalkun Lakukan "Ritual Kematian" dengan Mengelilingi Bangkai Kucing

Perilaku aneh sekawanan kalkun yang berputar mengelilingi bangkai kucing terekam dalam video disebut mirip ritual kematian. Bagaimana penjelasan ilmiahnya?

Kawanan Kalkun Lakukan ''Ritual Kematian'' dengan Mengelilingi Bangkai KucingPerilaku aneh sekawanan kalkun yang berputar mengelilingi bangkai kucing di Massachusetts terekam dalam video. (Twitter/Jonathan Davis)

Sebuah video yang menampilkan sekawanan kalkun berputar mengelililingi bangkai seekor kucing viral minggu ini. Sebagian netizen mengatakan bahwa perilaku aneh kalkun itu menyerupai ritual kematian. 

Video tersebut direkam dan diunggah ke Twitter pada 2 Maret lalu oleh Jonathan Davis, seorang warga Massachusetts yang tak sengaja menyaksikan peristiwa tersebut dalam perjalanannya menunju tempat kerja.

“Saya memiliki tiga ekor anjing dan empat akuarium berisi ikan di rumah. Saya menyukai alam dan satwa liar. Tapi tak setiap hari Anda menyaksikan peristiwa aneh ini,” katanya.

Mengapa kalkun-kalkun tersebut berperilaku aneh seperti itu?

Ahli biologi satwa liar, Tom Hughes dari National Wild Turkey Federation menghubungkan perilaku kalkun tersebut sebagai kombinasi antara rasa ingin tahu dan ketakutan.

“Mereka penasaran karena perilaku kucing mati berbeda dengan kucing hidup. Mereka ingin melihat lebih jelas tanpa berada terlalu dekat. Alhasil, lingkaran kalkun yang kemungkinan seluruhnya betina, semua mengamati bangkai predator mereka, tetapi tak satu pun yang mau berada terlalu dekat,” jelasnya.

Insting kalkun untuk mengikuti kawanannya membuat lingkaran itu terbentuk. Karena kalkun betina tidak memiliki senjata untuk melawan musuh seperti halnya kalkun jantan, maka menyamarkan diri dalam kelompok adalah cara bertahan terbaik.

Ahli biologi dari University of Mississippi, Richard Buchhloz mengatakan bahwa dirinya pernah melihat perilaku serupa di kalangan burung dari keluarga Phasianidae, yang termasuk kalkun, ayam dan burung pegar. Di kalanan unggas ini, masing-masing individu berusaha menangkap ekor individu lain yang berada di depannya, sebagai cara untuk menjaga agar kawanan tetap bersama-sama.

(Lutfi Fauziah. Sumber: National Geographic)

KOMENTAR