2017 / Maret / 6   14:59

6 Tanda Leukemia yang Harus Anda Waspadai

Gejala leukemia tidak begitu jelas dan dianggap masalah biasa. Berikut ini 6 masalah kesehatan yang mungkin jadi tanda adanya leukemia.

6 Tanda Leukemia yang Harus Anda WaspadaiIlustrasi leukimia. (Thinkstock)

Leukemia atau kanker darah merupakan jenis kanker cair. Seperti dikutip dari Prevention.com, dokter Martha Wadleigh dari Dana-Farber Cancer Institute mengatakan, leukemia pada orang dewasa umumnya ditemui pada usia 50-70 tahun.

Sayangnya, gejala leukemia tidak begitu jelas dan dianggap masalah biasa. Berikut ini 6 masalah kesehatan yang mungkin jadi tanda adanya leukemia.

1. Kulit pucat
Kanker dalam darah bisa membuat sel darah rusak atau menghambat produksi sel darah merah di sumsum tulang Akibatnya, bisa terjadi anemia yang menyebabkan kulit terlihat pucat. Tangan juga bisa terasa dingin sepanjang hari.

2. Kelelahan
Kelelahan merupakan gejala umum dari leukemia. Mulailah bertanya-tanya ketika merasa sangat lelah sepanjang waktu padahal tidak sedang melakukan kegiatan yang padat. Anda akan merasa tidak berenergi. Kelelahan terjadi akibat kekurangan darah.

3. Mudah infeksi atau demam
Sel darah adalah komponen penting dalam sistem kekebalan tubuh. Bila terkena leukemia yang mengacaukan sel-sel darah, kekebalan tubuh pun akan menurun. Anda akan menjadi mudah infeksi, lalu demam berulang.

Perbadingan kondisi normal dan ...Perbadingan kondisi normal dan leukemia. (Thinkstock)

4. Sesak napas
Waspadai adanya masalah pada tubuh ketika mulai sering merasa sesak napas. Misalnya, saat melakukan aktivitas fisik, seperti menaiki tangga, tiba-tiba cepat terengah-engah dan sesak napas. Padahal sebelumnya tidak pernah merasakan demikian.

5. Memar
Muncul memar pada kulit secara tiba-tiba bisa jadi tanda leukemia. Selain memar, bisa juga hanya muncul bintik-bintik merah. Hal ini disebabkan oleh rendahnya trombosit sehingga terjadi perdarahan.

6. Berkeringat malam hari dan nyeri sendi
Selain lima gejala umum di atas, beberapa orang juga akan merasa berkeringat di malam hari hingga pegal atau nyeri pada persendian.

Perlu melakukan tes darah dengan memeriksa jumlah sel darah putih, sel darah merah, dan trombosit.

(Dian Maharani/Kompas Health)

KOMENTAR