6 Taman Terasyik yang Harus Anda Kunjungi di Kebun Raya Bogor

2017 / Maret / 26   13:33

200 Tahun Kebun Raya Bogor

6 Taman Terasyik yang Harus Anda Kunjungi di Kebun Raya Bogor

Dari taman yang dapat menyembuhkan penyakit, sampai taman yang dapat mengantarkan ada ke Amerika Utara!

6 Taman Terasyik yang Harus Anda Kunjungi di Kebun Raya BogorSalah satu kaktus yang ada di Taman Meksiko, Kebun Raya Bogor. Ratusan tanaman dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan ditanam di taman ini. (Yunaidi/ National Geographic Indonesia)

Taman-taman yang ada di Kebun Raya Bogor dibangun dan dikelola berdasarkan jenis dan fungsi dari koleksi yang ada. Dari lebih dari 13.000 koleksi yang dimiliki oleh Kebun Raya, terdapat 6 taman harus Anda kunjungi. 

1. Taman Meksiko

Taman ini memiliki lebih dari 100 koleksi spesies tumbuhan iklim kering. Koleksi-koleksi tersebut sebagian besar berasal dari Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Amerika Utara.

Beberapa spesies yang ada di taman ini adalah agave, yucca, dan kaktus. Spesies-spesies tersebut ditata menyerupai habitat aslinya walaupun sebenarnya taman ini berada di Kota Bogor yang dikenal dengan kota hujan.

2. Taman Araceae

Petugas merawat tumbuhan yang ...Petugas merawat tumbuhan yang berada di Taman Araceae, Kebun Raya Bogor. (Rahmad Azhar/National Geographic Indonesia)

Araceae atau talas-talasan menjadi tema dari taman yang satu ini. AglaonemaAlocasiaSchismatoglottisHomalomena, dan Colocasia merupakan jenis Araceae yang ada di taman ini dan dikelompokkan sesuai dengan familinya. Pembangunan taman tematik ini ditujukan utuk memperkenalkan kekayaan flora dari suku Araceae dan dapat menjadi sarana edukasi bagi pengunjung.

3. Taman Obat

Taman obat memiliki beberapa ...Taman obat memiliki beberapa koleksi tumbuhan obat. Salah satu koleksinya adalah Catharanthus roseus yang dikembangkan menjadi senyawa anti kanker, dan juga ajmalisin yang berpotensi mengatasi gangguan jantung. (Rahmad Azhar/National Geographic Indonesia)

Taman ini sering dijadikan sebagai sarana penelitian bagi para peneliti dan juga pelajar. Taman Obat memiliki koleksi tanaman yang dapat dijadikan bahan dasar untuk membuat obat-obatan. Penelitian dari koleksi tersebut ditujukan untuk penelitian akademik, sejarah, dan fungsi kesehatan manusia dan hewan. Pengunjung dapat membaca papan informasi yang ada di beberapa koleksi tanaman untuk mengetahui fungsi dari koleksi tersebut.

4. Taman Teisjmann

Para pengunjung melewati Tugu ...Para pengunjung melewati Tugu Teijsmann. Tugu ini didirikan oleh Treub pada tahun 1884 untuk menghormati jasa Teijsmann terhadap dedikasinya untuk perkembangan Kebun Raya Bogor. (Rahmad Azhar/National Geographic Indonesia)

Nama taman ini diambil dari nama kurator Kebun Raya Bogor yang menjabat pada tahun 1831-1869, Johannes Elias Teijsmann. Pada awal pembuatannya, taman ini dibuat sebagai taman mawar yang ditata secara simetris seperti pola taman formal Eropa. Jangan lupa untuk mengambil foto di tugu Teijsmann yang berada tepat ditengah taman.

5. Taman Soedjana Kassan

Wisatawan mengunjungi Taman ...Wisatawan mengunjungi Taman Soedjana Kassan yang juga terdapat tumbuh-tumbuhan yang dibentuk burung garuda. Soedjana Kassan adalah direktur KRB pada tahun 1959 hingga 1969. (Rahmad Azhar/National Geographic Indonesia)

Taman Soedjana Kassan terletak berdekatan dengan Lapangan Sempur Kota Bogor. Nama taman ini diambil dari nama salah satu Kepala Kebun Raya Bogor yang menjabat pada  1959-1954, Soedjana Kassan. Anda dapat menikmati pemandangan hamparan rumput yang luas dengan kolam air mancur yang berada di tengah taman. Replika Burung Garuda Pancasila yang dibentuk dari kombinasi berbagai jenis tumbuhan berwarna-warni membuat taman ini juga dikenal dengan Taman Bhinneka.

6. Taman Air

Koleksi tumbuhan yang hidup di ...Koleksi tumbuhan yang hidup di kolam Taman Air. (Rahmad Azhar/National Geographic Indonesia)

Taman ini berlokasi di dekat gerbang utama Kebun Raya Bogor. Di taman ini pengunjung dapat menikmati pemandangan kolam yang bersih dan tertata rapi dengan berbagai koleksi tanaman teratai dipermukaannya. Pepohonan rindang yang mengelilingi area taman dengan suasana yang hening cocok untuk Anda bersantai dan beristirahat sejenak ketika mengunjungi Kebun Raya Bogor.

(Nadya Adriane Pattiasina. Sumber: PKT Kebun Raya Bogor)

KOMENTAR