5 Destinasi Andalan Taman Nasional Komodo

2017 / Maret / 16   20:20

5 Destinasi Andalan Taman Nasional Komodo

Dengan total luas wilayah 1.817 km persegi, Taman Nasional Komodo mempunyai segudang destinasi wisata yang populer untuk dikunjungi wisatawan.

5 Destinasi Andalan Taman Nasional KomodoPemandangan teluk di Pulau Padar. Padar merupakan salah satu pulau besar yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo. (Zulfiq Ardi Nugroho/National Geograhpic Indonesia)

Dengan total luas wilayah 1.817 km persegi, Taman Nasional Komodo mempunyai segudang destinasi wisata yang populer untuk dikunjungi wisatawan.

Bukan hanya wisatawan domestik, namun banyak juga wisatawan mancanegara yang mengagumi keindahan TN Komodo.

TN Komodo terdiri dari banyak pulau termasuk tiga pulau besar seperti Pulau Rinca, Pulau Komodo dan Pulau Padar.

Dengan gugusan pulau dan keanekaragaman hayati yang terdapat di TN Komodo, berikut ini lima destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi.

1. Loh Buaya

Loh Buaya merupakan pusat persebaran komodo di Pulau Rinca. Untuk menuju pulau ini, Anda bisa naik kapal dari Labuan Bajo dengan waktu tempuh sekitar 2 jam tergantung kondisi laut saat itu.

Berkeliling di pulau ini Anda akan ditemani pemandu wisata untuk melihat komodo dari dekat. Selain melihat komodo, Anda juga bisa mendaki bukit-bukit, bersantai di pinggir pantai sambil memandang laut dan lain sebagainya.

2. Pantai Pink

Pantai Pink atau Pink Beach merupakan destinasi populer selanjutnya. Pantai unik ini terletak di Pulau Komodo.

Kepopuleran Pantai Pink tak lepas dari fenomena yang terjadi di pantai ini, yaitu pasir pantai yang berwarna pink atau merah muda.

Warna pink ini diketahui berasal dari karang berwarna pink yang banyak bertebaran di sekitar pantai.

Karang-karang tersebut terkena ombak dan membuat butiran-butiran kecil yang kemudian terbawa arus hingga ke bibir pantai.

Butiran tersebut kemudian bercampur dengan pasir pantai dan membuat warna pasir menjadi pink atau merah muda.

3. Gili Laba

Bagi Anda yang sering berselancar di internet seperti Instagram, mungkin Anda sering melihat foto wisatawan yang berlatarkan pemandangan indah di TN Komodo.

Tempat ini bernama Gili Laba, sebuah bukit yang terdapat di suatu pulau dengan pemandangan laut dan bukit yang memesona.

Pada musim kemarau, Gili Laba akan berwarna kuning seiring rumput savana yang mengering dan akan berwarna hijau pada musim hujan.

4. Pulau Kelor

Pulau Kelor merupakan destinasi yang cukup terkenal untuk melakukan snorkeling. TN Komodo terkenal dengan keanekaragaman sumber daya lautnya.

Jadi Anda mempunyai kesempatan untuk dapat menikmati pesona bawah laut dengan 260 jenis karang dan ribuan jenis ikan.

Selain lokasinya yang terbilang dekat dari Labuan Bajo yaitu sekitar 1 jam saja, Pulau Kelor juga mempunyai pemandangan yang tak kalah eksotis dengan pulau-pulau lainnya di TN ini.

5. Kampung Wisata Komodo

Selain dapat menikmati pesona alam di Taman Nasional Komodo, Anda juga dapat melihat aktivitas keseharian dari warga asli Pulau Komodo.

Desa ini bernama Desa Komodo, terletak di bagian terluar Kabupaten Manggarai Barat dan dihuni oleh lebih dari 1.700 orang.

Di desa ini Anda bisa melihat aktivitas warga seperti membuat patung komodo yang nantinya akan dijual untuk oleh-oleh wisatawan.

Satu lagi yang unik dari warga di Desa Komodo adalah konon mereka bisa bercengkerama dengan komodo.

Nah, hal ini bisa menjadi cerita unik yang bisa Anda peroleh selepas liburan di TN Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

(Alek Kurniawan/Kompas Travel)

KOMENTAR