2017 / Februari / 23   12:23

Riwayat Kastel Kanazawa

Setelah berulang kali terbakar dan digunakan sebagai tempat belajar mengajar, akhirnya kastel ini kembali berdiri memamerkan kemegahannya di pusat kota Kanazawa

Riwayat Kastel KanazawaKastel Kanazawa (Titania Febrianti/National Geographic Indonesia)

Setelah berulang kali terbakar dan digunakan sebagai tempat belajar mengajar, akhirnya kastel ini kembali berdiri memamerkan kemegahannya di tengah kota. Simak riwayat Kastel Kanazawa di Prefektur Ishikawa, Jepang.

Klan Maeda berkuasa di wilayah Kanazawa pada 1583, dan mulai mendirikan bangunan pada kastel. Namun, beberapa kali pula bangunan ini dilalap oleh api. Bahkan, kebakaran hebat pada 1881 hanya menyisakan dua gudang serta Gerbang Ishikawa-mon, pintu masuk yang menghadap ke arah Kenrokuen—taman kastel untuk menyambut para tamu kekaisaran.

Universitas Kanazawa menjalankan perkuliahan selama puluhan tahun di atas tanah kastel, hingga kampus tersebut dipindahkan ke tepian kota pada awal 1990-an. Sejak saat itu dimulai pembangunan ulang kastel ini.

Hishi dan tsuzuki yagura, dua menara kastel, merupakan bangunan pertama yang kembali didirikan. Termasuk pula Gojukken Nagaya, gudang memanjang yang menghubungkan dua menara. Sebagian dibangun kembali sesuai dengan bentuk aslinya seperti pada 1850-an.

Rekonstruksi Gerbang Utama Kahoku-mon selesai pada 2010. Lima tahun kemudian, Gerbang Hashizume-mon serta Kebun Gyokusen’inmaru telah dibangun kembali untuk melengkapi kegagahan kastel ini.

(Titania Febrianti/National Geographic Indonesia)

KOMENTAR