Saksikan Video Ular Paling Mematikan Menelan Piton Raksasa
2017 / Januari / 4   12:13

Saksikan Video Ular Paling Mematikan Menelan Piton Raksasa

Dalam tayangan video ini, salah satu ular paling berbisa di dunia, Pseudonaja textilis, menelan ular piton karpet berukuran besar.

Saksikan Video Ular Paling Mematikan Menelan Piton RaksasaUlar cokelat timur tengah menelan ular piton karpet. (Sally Hill via National Geographic)

Dikenal sebagai salah satu ular paling berbisa di dunia, Pseudonaja textilis merupakan predator tangguh. Senin lalu, seorang wanita yang tengah menjemur pakaian di Goodna, dekat Brisbane, terkejut ketika menemukan ular tersebut di teras rumahnya.

P. textilis, atau disebut juga ular cokelat timur besar dari Australia itu ditemukan menyerang dan menggigit ular piton karpet tak berbisa. Racun neurotoksik dari ular cokelat timur sangat ampuh. Racun  tersebut dapat membunuh manusia dalam waktu 15 menit jika tidak diobati dengan antivenin.

Setelah pertempuran awal, ular cokelat timur mundur selama beberapa menit Ketika ular piton meregang nyawa, ular cokelat tmur kembali dan mulai menelan seluruh mangsanya.

Pemilik rumah segera menelepon Sally Hill, seorang ahli yang telah menjalankan bisnis pemindahan ular professional di wilayah tersebut selama 26 tahun bersama suaminya. Mereka segera tiba di lokasi kejadian dan merekam peristiwa tersebut.

“Sangat tak lazim melihat kejadian ini, benar-benar luar biasa,” kata Hill.

Sembari membiarkan ular cokelat timur itu menyelesaikan makanannya, dengan lembut Hill memandunya untuk masuk ke dalam kantong ular hitam agar hewan tersebut merasa lebih aman. Mereka membiarkan ular itu sekitar tiga jam hingga benar-benar menelan piton besar tersebut.

Setelah itu, Hill membawa ular tersebut beberapa km di luar kota menuju area liar dan melepaskannya. Ular tersebut tidak memuntahkan mangsa raksasanya, itu berarti hewan tersebut tak mengalami stress. Ular tersebut juga tampak sehat ketika kembali ke semak-semak.

“Ini merupakan kejadian tak biasa, karena ular cokelat timur biasanya tidak memakan ular piton karpet,” kata Hill.

Ular cokelat timur umumnya terlihat memangsa celurut, tikus dan burung. Kadang-kadang mereka juga terlihat memangsa sesamanya, atau ular yang lebih kecil.

Dengan suhu yang kian menghangat di Queesland, Hill menjadi lebih sering berhadapan dengan ular cokelat timur, yang cenderung lebih aktif saat suhu lebih hangat. Hill kadang memindahkan ular yang ditemukan di bawah bantal seseorang, di bawah mobil, dan terjebak di kelambu.

Ditemukan di sepanjang pesisir timur Australia, ular cokelat timur hidup di beragam habitat dan lebih aktif di siang hari. Panjang ular tersebut rata-rata satu hingga tiga meter.

Sementara itu, ular piton karpet (Morelia spilota) dapat tumbuh hingga empat meter dan berat 14 kg. Rata-rata ular piton karpet dewasa berukuran panjang sekitar 3 meter. Ular ini merupakan hewan semi arboreal, artinnya, mereka  menghabiskan sebagian besar waktunya di pepohonan, dan aktif di malam hari.  

(Lutfi Fauziah. Sumber: Brian Clark Howard/National Geographic)

KOMENTAR