Pesiar ke Rimba Pustaka
2017 / Januari / 17   18:29

National Georaphic Traveler Indonesia Januari 2017

Pesiar ke Rimba Pustaka

Ajak buah hati Anda untuk menjelajahi dunia lewat buku di Perpustakaan Cikini.

Pesiar ke Rimba PustakaLokasi bermain untuk anak-anak disediakan sebagai salah satu upaya untuk menambah minat berkunjung bagi keluarga ke perpustakaan. (Rahmad Azhar Hutomo)

“Tempat ini jadi alternatif libur akhir pekan, daripada ke mal melulu, lebih baik ke sini, sekalian bisa ajak anak baca buku,” ujar Romania, yang datang bersama kedua buah hatinya.

Budaya membaca sudah seyogyanya mulai dicecapi anak-anak. Bagaimana memperkenalkan buku kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan. Salah satunya, ajaklah anak-anak berkunjung ke perpustakaan.

Jika Anda penghuni Jakarta, cobalah mengisi waktu liburan bersama buah hati dengan berkunjung ke Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta di kompleks Taman Ismail Marzuki. Lokasinya strategis karena berada di ruang ekspresi seni seperti Graha Bhakti Budaya, Teater Kecil, dan Teater Jakarta. Anda juga bisa menyaksikan beragam film yang diputar di Kineforum serta terlibat dalam diskusinya. Atau, sambangi Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, serta mengapresiasi karya para seniman di Galeri Cipta.

Buang jauh-jauh bayangan tentang perpustakaan yang terkesan suram, serius dan membosankan—kendati sebagian perpustakaan di negeri ini masih belum berbenah. Perpustakaan pemerintah ini penuh rak warna-warni, deretan kursi-kursi yang berjajar rapi, dan fasilitas lengkap yang memanjakan para penggemar pustaka.

Lewat buku bacaan, anak-anak ...Lewat buku bacaan, anak-anak menambah pengetahuan. (Rahmad Azhar Hutomo)

“Arena bermain anak ini dibangun dengan tujuan untuk menumbuhkan minat baca sedari dini. Jadi anak-anak dibiarkan main dulu, sehabis itu baru diajak membaca,” ujar Kepala Bidang Perpustakaan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi DKI Jakarta, Hari Wibowo. “Di lantai satu juga ada auditorium yang boleh digunakan secara gratis untuk kegiatan-kegiatan terkait dunia literasi, seperti acara mendongeng untuk anak, seminar, atau peluncuran buku.”

Perpustakaan yang terdiri atas empat lantai ini memiliki arena bermain seluas kira-kira tiga lapangan bola basket. Koleksinya pun lebih dari 700.000 buku dan media cetak lainnya.

“The only thing that you absolutely have to know, is the location of the library.” -Albert Einstein

Layanan khusus anak terletak di lantai kedua gedung perpustakaan ini. Area membaca anak berkonsep lesehan di karpet. Sebelum berkunjung, perlu juga dicatat bahwa arena bermain hanya dibuka pada Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, dan Minggu pada pukul 10.00-12.00.

Lantai pertama perpustakaan berisi koleksi beragam jenis buku. Dari sastra, bahasa, sejarah, sains, hingga koleksi buku-buku beraksara Braille. Bagi pengunjung yang berminat membaca di tempat, perpustakaan menyediakan area meja dan kursi, juga, area berkarpet untuk lesehan.

Di lantai ketiga, Anda akan me­nemukan koleksi buku referensi. Suasananya lebih tenang, cocok bagi pe­ngunjung yang ingin mengerjakan tugas akhir. Di sini terdapat penyimpanan arsip dari berbagai penerbit.

Kendati hanya warga DKI Jakarta yang dapat menjadi anggota dan meminjam pustaka untuk dibaca di rumah, warga lainnya tetap dapat meng­akses dan membaca pustaka di ruang bacanya. Perihal perpustakaan, Albert Einstein pernah berkata, “The only thing that you absolutely have to know, is the location of the library.”

(Lutfi Fauziah)

KOMENTAR