K'Track, Perangkat Canggih untuk Penderita Diabetes dan Atlet

Dengan menggunakan jam pintar yang disebut K'Track, penderita diabetes dan atlet dapat menguji kadar gula darah dan asam laktat secara praktis dan akurat.

K'Track, Perangkat Canggih untuk Penderita Diabetes dan AtletK'Track Athlete dan K'Track Glucose (PKvitality)

Para penderita diabetes dan atlet akan segera bisa menguji kadar gula darah dan asam laktat untuk mengukur kesehatan mereka dengan praktis dan akurat menggunakan jam pintar yang disebut K’Track.

PKvitality, perusahaan yang mengembangkan dan meluncurkan jam pintar ini mengungkapkan bahwa mereka mengaplikasikan teknologi SkinTaste yang telah dipatenkan pada perangkat K’Track. Alih-alih menganalisis sampel darah, alat ini justru “mencicipi” kulit pemakainya.

SkinTaste merupakan susunan biosensor revolusioner yang menggunakan serangkaian jarum mikro berukuran panjang 0,5 mm yang dapat menembus kulit. Jarum-jarum mikro ini berfungsi untuk mengumpulkan dan menganalisis cairan interstisial yang terdapat di bawah permukaan kulit. Teknologi ini terdapat di dalam wadah yang disebut K’apsuls.

Produk K’Track terbagi menjadi dua jenis: K’Track Glucose yang diperuntukkan bagi penderita diabetes dan K’Track Athlete untuk para olahragawan.

K’Track Glucose berfungsi untuk mengukur kadar gula darah pada penderita diabetes. PKvitality mengklaim bahwa K’track Glucosa merupakan pemantauan glukosa tanpa berbasis darah pertama yang akurat dan dibangun terintegrasi dengan perangkat yang dapat dikenakan.

“Alat ini menggabungkan keanggunan dan utilitas dari pelacak aktivitas tradisional dengan informasi yang mengubah hidup dari perangkat medis,” tulis perusahaan tersebut dalam rilisnya.

Sedangkan K’Track Athlete berguna untuk  mengukur asam laktat pada olahragawan. Asam laktat merupakan indikator kinerja utama pada tubuh dan panduan yang menunjukkan seberapa baik otot bereaksi terhadap pengerahan tenaga jangka panjang dan pemulihan. Penumpukan asam laktat dapat memicu kelelahan, yang pada gilirannya akan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk tampil optimal dalam berbagai aktivitas seperti lari jarak jauh, mendayung, berenang dan bersepeda.

“Dengan memahami tingkat optimal asam laktat, atlet dan pelatihnya dapat mengoptimalkan jadwal latihan, pemulihan dan performanya.”

Karena perangkat ini dapat dikenakan, atlet tidak perlu menghentikan latihan mereka untuk mengukur kadar asam laktat.

Hasil pengukuran K’Track Glucose dan K’Track Athlete akan ditampilkan secara real time pada layar jam pintar, dan tersingkron dengan aplikasi untuk Android maupun iOS.

(Lutfi Fauziah. Sumber: Live Science, Digital Trends)

KOMENTAR