Saksikan Aksi Akrobatik Kawanan Burung Jalak yang Menakjubkan

2016 / Desember / 22   15:29

Saksikan Aksi Akrobatik Kawanan Burung Jalak yang Menakjubkan

Video ini menampilkan pola yang menarik di langit, karena ribuan burung jalak terbang berputar dan berbalik bersamaan.

Saksikan Aksi Akrobatik Kawanan Burung Jalak yang MenakjubkanAksi akrobatik sekawanan burung jalak. (Thinkstock)

Kawanan burung jalak akrobatik sudah lama dikagumi oleh para pengamatnya, dari era Shakespeare hingga saat ini. Burung ini kadangkala mencapai ribuan, sering terlihat bergerak menjadi satu, meluncur melewati udara dengan kecepatan yang sangat tinggi, dan mulai menjadi sorotan.

Kami pernah mempublikasikan video aksi akrobatik sekawanan burung jalak yang menakjubkan di Belanda. Begitu banyak kepakan sayap yang terdengar seperti suara berdesir dalam video tersebut, karena itulah sekawanan burung jalak dijuluki murmuration (desiran).

Pekan ini, video mengagumkan dari sekawanan burung jalak lainnya dipublikasikan, kali ini di Sutton Courtnay UK, Oxfordshire. Video di bawah ini menampilkan  pola yang menarik di langit, karena ribuan burung tersebut berputar dan berbalik bersamaan.

Aksi akrobatik kawanan burung jalak ini cenderung seringkali terjadi pada senja, saat burung-burung berkumpul bersama di malam hari. Mereka dapat terdiri dari beberapa ratus atau puluhan ribu burung.

Para ilmuwan berpikir bahwa perubahan arah secara cepat ini dapat mengelabuhi predator.

Menyerupai monster asap dari serial televisi berjudul Lost, mekanisme perilaku seperti berkerumun itu tidak sepenuhnya dipahami. Namun akhir-akhir ini, beberapa ilmuwan telah mengetahui bahwa burung jalak menyelaraskan pergerakan mereka dengan tujuh tetangga terdekatnya.

Dengan kata lain, ketika satu burung mengubah kecepatan atau arahnya, tujuh burung terdekat merespon dengan melakukan hal yang sama. Dengan cara ini, informasi akan menyebar ke seluruh kawanan dengan cepat.

Kecerdasan kawanan seperti ini juga semakin ditiru oleh manusia, yang menggunakan teknologi canggih dan adaptif untuk memprogram komputer dan mengembangkan robot. Kawanan ini juga membantu para penulis fiksi ilmiah menggambarkan masa depan nanoteknologi.

Saksikan aksi akrobatik sekawanan burung jalak di Belanda yang berhasil terekam kamera berikut ini.

(Brian Clark Howard/National Geographic)

KOMENTAR