Pencarian Mars Mengingatkan Kami Apa Yang Dapat Terjadi Ketika Kita Bekerja Sama
2016 / Desember / 5   11:34

Pencarian Mars Mengingatkan Kami Apa Yang Dapat Terjadi Ketika Kita Bekerja Sama

Perjalanan ruang angkasa merupakan penanda yang kuat untuk mencapai pencapaian ambisius yang membutuhkan kontribusi yang bermacam-macam.

Pencarian Mars Mengingatkan Kami Apa Yang Dapat Terjadi Ketika Kita Bekerja SamaAstronot melangkah di daratan Mars dalam sebuah adegan dari serial televisi MARS National Geographic. (Robert Viglasky/National Geographic Channel)

Pada akhir minggu, di mana divisi negara kita tampak begitu sangat tersorot, harapan tampak langka dan hampir tidak mungkin ada.

Tapi saya menemukan sesuatu yang melegakan di tempat yang tak terduga: Saya menyaksikan pengingat yang ampuh dari seberapa kuat dan semangat yang mengagumkannya sebuah kemanusiaan bisa bersatu.

Pengingat itu datang selama pemutaran serial TV tentang manusia pertama yang berjalan di permukaan Mars. Ini berkisar tentang narasi fiksi, berlatar di tahun 2033, yang berfokus pada enam anggota awak pertama yang berani mengatur booting di planet merah. Anggota ini-tiga awak laki-laki, tiga perempuan, dari seluruh dunia-telah dikirim ke ruang angkasa tidak hanya dari satu negara, tetapi oleh federasi ruang angkasa internasional.

Ini adalah kisah yang penuh penjiwaan, harapan, dan keberanian-dan bahkan lebih dari itu, didasarkan pada realitas tahun 2016, di mana pemerintah dan perusahaan ruang angkasa sedang bekerja untuk mengirimkan manusia ke Mars dan bersama mencapai sesuatu yang tak siapapun bisa melakukannya sendiri. Diselingi dengan narasi fiksi, wawancara bergaya dokumenter dengan orang-orang seperti Elon Musk dan Peter Diamandis menggambarkan tantangan biologi dan teknologi dari perjalanan ke ruang angkasa- tantangan yang dapat dan sedang ditangani secara bersama.

Cerita NationalGeographic memberitahu dalam seri MARS tentang apakah kehendak manusia dapat tercapai-tujuan terbesar yang hanya dapat dicapai jika kita bergabung daripada memfokuskan pada perbedaan-perbedaan kita.

Ini yang dirasakan Dava Newman, wakil administrator NASA, mengingat ketika kita berbicara pada 10 November tentang cara untuk memberi energi dan termasuk anak-anak dari "Para generasi Mars" dalam pencarian Mars yang sedang berlangsung.

Kondisi terbaik kami, kami adalah makhluk yang rendah hati, pintar, dan berani. Banyak orang secara individu memiliki kualitas tersebut, namun seringnya, tidak ada tempat yang lebih baik untuk melihat mereka secara bersama di tempat kerja dibandingkan ketika kita mencoba untuk memahami alam semesta planet kita yang rapuh ini ada.

Di sinilah kita berperan bukan hanya mata kita, tapi pikiran dan tubuh kita untuk alam semesta, memberanikan diri kita sendiri dan penafsiran kita untuk menyelamatkan lingkungan yang tidak hanya dimaksudkan untuk makhluk dari Bumi ini. Seolah-olah, seperti yang kita renungkan luasnya segala sesuatu di luar Bumi, kita mengenali baik kelemahan dan kekuatan kita.

Tentu, program ruang angkasa memiliki kelemahan dan rentan terhadap keserakahan dan politik, sama seperti perusahaan lain. Tapi eksplorasi ruang angkasa, entah manusia atau robot, bukan usaha yang dapat berhasil dalam masyarakat yang retak. Ini menuntut sinergisme antara orang-orang, tim, lembaga, negara, dan kerja sama dan kompetisi yang dipicu oleh satu, bersama, tujuan yang lebih besar. Tujuan yang mungkin egois-misalnya, keberlanjutan kehidupan manusia -tapi tidak akan pernah tercapai tanpa pengorbanan.

Banyak yang sudah menjadi nyata.

Saya benar-benar butuh diingatkan bersama-sama, kita bisa mencapai hal-hal menggembirakan dan luar biasa. Saya menemukan pengingat dalam cerita tentang petualangan kerjasama terbesar yang pernah dibayangkan. Anda mungkin menemukan pengingat Anda sendiri di tempat lain, tapi mereka di luar sana, entah di antara bintang-bintang, di beberapa usaha kerjasama di tempat kerja Anda sendiri, atau di antara dukungan teman-teman dan keluarga yang menyebabkan mereka percaya.

Apa yang MARS bawa kembali kepada saya, dengan cara yang tak terduga selama seminggu yang penuh gejolak, adalah kekuatan semangat manusia: Kekuatan kami, ketahanan kami, pilihan kami untuk menghubungkan daripada membelah, nilai yang memiliki tujuan bersama. Hari ini, hati saya sedikit lebih ringan.

Ayo lakukan ini.

(Nadia Drake/National Geographic)

KOMENTAR