Indonesia Raih 12 Penghargaan Bergengsi di Ajang The World Halal Tourism Awards 2016
2016 / Desember / 7   23:11

Indonesia Raih 12 Penghargaan Bergengsi di Ajang The World Halal Tourism Awards 2016

Keberhasilan Indonesia meraih 12 penghargaan dari 16 kategori diharapkan bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia

Indonesia Raih 12 Penghargaan Bergengsi di Ajang The World Halal Tourism Awards 2016Ibu Rosnani, 57 tahun, seorang pandai sikek atau penenun kain songket di Nagari Pandai Sikek, Kabupaten Tanah Datar Sumatra Barat. Sejak berumur 15 tahun ia sudah mulai menenun kain songket. Selembar kain songket butuh waktu pengerjaan antara 20-45 hari. (Feri Latief)

Penghargaan paling bergengsi untuk pariwisata halal dunia, World Halal Tourism Awards 2016 telah diumumkan. Pengumuman pemenang dilakukan di Abu Dhabi, Selasa (7/12/2016).

Indonesia berhasil menyabet 12 kategori dari 16 kategori yang diperebutkan dalam penghargaan ini. "12 penghargaan dari World Halal Tourism Awards untuk Bangsa Pemenang," ujar Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya.

World Halal Tourism Awards 2016 ini merupakan ajang bagi pelaku industri yang bergelut dalam penyediaan barang ataupun jasa untuk pariwisata halal. Penghargaan ini menjadi salah satu tolak ukur bagi industri pariwisata halal dunia.

"Kemenangan dalam penghargaan World Halam Tourism Awards ini penting. Inilah salah satu bentuk penerapan rumus 3C, yakni calibration, confidence, dan credibility," ujar Arief Yahya. "Kita harus mengkalibrasi atau mengukur apakah yang kita lakukan (untuk kemajuan pariwisata Indonesia) sudah pada jalur yang benar sesuai dengan standar dunia. Selanjutnya kemenangan ini akan meningkatkan self confidence, rasa percaya diri bangsa ini akan semakin kuat. Tentunya kemenangan ini bisa meningkatkan kredibilitas bangsa Indonesia di mata dunia," menanggapi kemenangan Indonesia dalam ajang ini.

Adapun penghargaan yang diterima Indonesia adalah sebagai berikut:
1. World’s Best Airline for Halal Travellers (Garuda Indonesia)
2. World’s Best Airport for Halal Travellers (Sultan Iskandar Muda Internasional Airport, Aceh)
3. World’s Best Family Friendly Hotel (The Rhadana Kuta, Bali)
4. World’s Most Luxurious Family Friendly Hotel (The Trans Luxury Bandung)
5. World’s Best Halal Beach Resort (Novotel Lombok Resort and Villas)
6. World’s Best Halal Tour Operator (ERO Tours Sumatera Barat)
7. World’s Best Halal Travel Website (www.wonderfullomboksumbawa.com)
8. World’s Best Halal Honeymoon Destination (Sembalun Valley Region, Nusa Tenggara Barat)
9. World’s Best Hajj & Umrah Operator (ESQ Tours and Travel)
10. World’s Best Halal Destination (Sumatera Barat)
11. World’s Best Halal Culinary (Sumatera Barat)
12. World’s Best Halal Cultural Destination (Aceh)

Dalam upaya meningkatkan angka kunjungan wisatawan mancanegara setiap tahun—hingga mencapai angka 20 juta turis pada 2019, tentunya kememangan ini bisa menjadi salah satu cara untuk mendatangkan para wisatawan mancanegara ke Tanah Air. Selamat Indonesia!

(Yunaidi/National Geographic Indonesia)

KOMENTAR