2016 / Desember / 14   15:29

Gaya Renang Anggun ala Bintang Lili Terekam Video

Kecantikan kian bertambah seiring bertambahnya umur. Hewan laut ini tampaknya menjadi bukti mempesona dari ungkapan tersebut.

Gaya Renang Anggun ala Bintang Lili Terekam VideoBintang lili merupakan anggota ordo Comatulida, kelas Crinoidea (lili laut) dan filum ekhinodermata. (Thinkstock)

Bintang lili atau feather star (merupakan jenis invertebrata laut dengan lengan seperti bulu yang menyebar dari pusat tubuhnya. Seorang profesor paleontologi di University of Michigan, Tomasz K. Baumiller, mengatakan, hewan ini berasal dari sekitar 200 juta tahun silam.

“Bintang lili sering dianggap sebagai fosil hidup. Mereka memiliki keragaman luar biasa yang berakar jauh di masa geologi lampau,” kata Baumiller.

Hewan ini mendiami berbagai wilayah geografis yang luas, dari khatulistiwa hingga kutub, dan dari perairan dangkal di atas terumbu karang hingga laut dalam. “Secara khusus, tepi barat Pasifik di sekitar Asia merupakan “buaian keanekaragaman” bintang lili,” kata Baumiller.

Penyelam profesional asal Belanda, Els van den Eijnden merekam bintang lili yang berenang di Thailand dalam video di atas.

Tak semua bintang lili bisa berenang. Banyak spesies yang hanya dapat merangkak di dasar laut. Ada beberapa teori tentang alasan di balik adaptasi kemampuan renang, di antaranya untuk melarikan diri dari predator atau untuk berpindah tempat dengan mudah. Terlepas dari semua itu, gerakan mereka melewati air sungguh menawan.

“Mereka sangat fotogenik, bukan hanya karena cara mereka berenang, tetapi juga karena warna dan ukuran mereka,” tambahnya.

Bintang lili memiliki variasi warna yang spektakuler, dari merah gelap hingga oranye cerah dan kuning nyentrik. Panjang setiap lengannya bisa mencapai 30 cm.

Lahir dengan tangkai yang bisa mereka lepaskan saat usia dewasa, bintang lili dapat memiliki lima hingga 200 lengan. Lengan tambahan mereka berfungsi untuk menangkap makanan. Mereka berdiam di air, merentangkan lengan mereka, dan membiarkan nutrisi-nutrisi datang pada mereka dengan digerakkan arus laut. Karakteristik ini membuat bintang lili cukup mencolok bagi para penyelam.

Bintang lili juga memiliki kemampuan memutuskan lengan seperti beberapa kadal memutus ekornya, sebagai respon untuk mengelabuhi predator. Beberapa bintang lili juga sangat beracun, sehingga mereka terhindar dari dimangsa predator. Tetapi karena binatang kecil seperti siput laut sering hidup menempel pada mereka, ikan sering kali menyisir bintang lili untuk mencari makanan yang lezat.

(Lutfi Fauziah. Sumber: Alexandra E. Petri/National Geographic)

KOMENTAR