2016 / Desember / 22   11:40

Dongdaemun Design Plaza

Sejak diresmikan pada Maret 2014, Dongdaemun Design Plaza segera populer sebagai lokasi instagram paling banyak diunggah di Korea.

Dongdaemun Design PlazaDongdaemun Design Plaza (DDP) berlokasi di bilangan Euljiro Chil-Ga. (Lambok E. Hutabarat)

Kawasan monumental ini dirancang oleh arsitek keturunan Irak, Zaha Hadid, dan studio desain Korea, Samoo. Bangunan yang  menjadi tengara kota Seoul ini berlokasi di bilangan Euljiro Chil-Ga.

Dongdaemun Design Plaza (DDP) tampak seperti UFO raksasa yang terdampar di tengah kota. Bentuknya yang penuh lekukan menjadikan DDP seolah sebuah antitesa gedung-gedung papak di sekitarnya. Seluruh bangunan dibungkus lempengan metalik. Meski mudah diakses, bagi yang pertama kali berkunjung akan kebingungan menentukan pintu utamanya. 

Sejak diresmikan pada Maret 2014, DDP segera populer sebagai lokasi instagram paling banyak diunggah di Korea.  The New York Times memasukkannya dalam daftar “52 Tempat yang Layak Dikunjungi pada 2015”.

Bangunan ini menyediakan area seluas 6,5 hektare untuk keperluan pameran desain. Juga, terhampar tiga hektare taman yang  menyajikan oase di tengah hiruk-pikuk kota Seoul. Balai konvensinya bertaraf internasional.

Pada atrium terbuka di lantai dasarnya, terdapat Dongdaemun History & Cultural Park, yang memamerkan repihan Benteng Kota Seoul dari era dinasti Joseon. Situs pusaka itu ditemukan saat penggalian pondasi gedung DDP. 

(Lambok E. Hutabarat)

KOMENTAR