Catatan Gempa Bumi Selama 15 Tahun Terakhir Terekam dalam Video

Pacific Tsunami Warning Center, bagian dari NOAA, merilis video yang merekam gempa bumi yang terjadi sejak 1 Januari 2001 sampai dengan 31 Desember 2015.

Catatan Gempa Bumi Selama 15 Tahun Terakhir Terekam dalam VideoPacific Tsunami Warning Center, bagian dari NOAA, merilis video yang merekam gempa bumi yang terjadi sejak 1 Januari 2001 sampai dengan 31 Desember 2015. (NOAA Pacific Tsunami Warning Center)

Bumi, tempat tinggal kita, merupakan planet yang luar biasa kuat dan terkadang kasar. Meski terlihat begitu tenang, namun aktivitas planet bisa menjadi begitu menghancurkan dan berbahaya bagi kehidupan. Pacific Tsunami Warning Center, bagian dari National Oceanic and Atmospheric Administration, merilis video yang merekam gempa bumi yang terjadi sejak 1 Januari 2001 sampai dengan 31 Desember 2015. Simak video yang memukau sekaligus menakutkan berikut ini.

Tampak seperti di atas, gempa bumi muncul sebagai lingkaran aneka warna. Warna-warna tersebut mewakili kedalaman, dan ukuran lingkaran mewakili magnitude. Setiap detik dalam video ini mewakili rentang waktu 30 hari. Bumi tak pernah minim aktivitas, Anda bahkan bisa melihat tiap perbatasan lempeng tektonik yang menyala seperti pohon natal.

Di akhir video, setiap gempa yang tercatat selama periode 15 tahun akan muncul, diikuti dengan gempa bumi yang lebih besar dari magnitude 6,5 dan 8.

“Periode ini mencakup beberapa peristiwa luar biasa, termasuk gempa yang menyebabkan tsunami dahsyat yang menghancurkan,” tulis kru NOAA dalam postingan video.

Gempa-gempa yang menghasilkan tsunami menghancurkan antara lain, gempa di Sumatra pada tahun 2004 berkekuatan 9,1 SR; di Cili pada tahun 2010 berkekuatan 8,8 SR; dan gempa berkekuatan 9,0 SR di lepas pantai timur laut Jepang pada 2011 yang menewaskan hampir 16.000 orang dan menyebabkan hancurnya reaktor nuklir di Fukushima.

(Lutfi Fauziah. Sumber: Huffington Post, NOAA)

KOMENTAR