2016 / Desember / 15   11:26

10 Aplikasi Travel yang Perlu Anda Ketahui

Berikut Aplikasi yang dapat membantu Anda memudahkan kegiatan traveling Anda.

10 Aplikasi Travel yang Perlu Anda KetahuiIlustrasi. (Thinkstock)

Aplikasi dalam gawai dapat membantu para pejalan untuk lebih mudah mengetahui kapan waktu terbaik untuk memesan tiket pesawat, menerjemahkan menu berbahasa asing lewat kamera gawai, dan masih banyak lagi. Setidaknya terdapat dua juta aplikasi yang bis diunduh para pejalan terkait perjalanan wisata. Berikut ini segelintir aplikasi gratis yang dapat dipilih untuk semua pejalan digital yang cerdas.

Untuk merencanakan penerbangan dan penghematan : Hopper

Hematlah waktu yang dihabiskan untuk mencari harga tiket pesawat dengan aplikasi yang mudah digunakan ini. Hopper dapat menganalisis setiap arsip triliunan dari harga tiket pesawat sehingga dapat memberitahu Anda kapan waktu yang tepat untuk membeli tiket pada rute tertentu, menyediakan estimasi kerangka waktu kapan harga tiket tersebut akan turun hingga kapan waktu yang tepat untuk memesan tiket pesawat sebelum harganya kembali naik.

Jika Anda ingin menunggu atau mencari beberapa rute perjalanan, Anda dapat menyimpan rute tersebut dan Anda akan diberi pemberitahuan kapan harga tiket tersebut akan turun. Seiring dengan pencarian harga tiket yang tepat, para pengguna juga dapat berbelanja untuk penerbangan pada aplikasi bebas iklan ini.

Untuk mencari Hotel : Agoda

Biarkan aplikasi Agoda mengetahui lokasi Anda saat ini. Agoda membantu memudahkan Anda menemukan harga hotel terbaik pada menit-menit terakhir, atau mencari dengan cepat salah satu dari 925.000 hotel dan penginapan lainnya. Aplikasi ini akan memperlihatkan peta dari hotel pilihan. Sederhana namun canggih, Agoda juga memiliki sebuah filter pencarian untuk membantu mempersempit hasil dan pilihan dalam melihat harga (dalam berbagai mata uang). Setiap halaman hotel yang ditampilkan akan disertai foto, ulasan, fasilitas, dan informasi lainnya untuk membantu Anda memutuskan pilihan.

Untuk Menerjemahkan Bahasa: Google Translate

Google memiliki beberapa aplikasi yang berguna untuk para pejalan. Salah satunya adalah alat penerjemah: Google Translate, yang membantu pengguna menerjemahkan 103 bahasa melalui ketikan, suara, atau kamera (sekitar 30 bahasa dapat diterjemahkan melalui foto). Jika Anda tidak berencana untuk menggunakan data seluler internasional dalam perjalanan, terdapat aplikasi 50 bahasa yang dapat diunduh dan digunakan dengan menggunakan terjemahan offline.

Untuk peta : MAPS.ME

Jika ada masalah dengan penggunaan data seluler di luar negeri, aplikasi gratis ini dapat memberikan Anda kemudahan dalam mengunduh rincian peta offline ke gawai cerdas Anda. Selain menawarkan navigasi untuk mengemudi, berjalan, atau bersepeda ke alamat atau lokasi tertentu, setiap peta dilengkapi dengan perangkat pecarian di dekat pengguna, seperti tempat menarik, hotel, dan ATM.

Untuk pencarian makanan: Foodspotting

Membantu Anda untuk memutuskan apa yang harus disantap. Tak sekadar menyarankan tempat, tetapi aplikasi ini juga berperan sebagai pemandu menu visual untuk berbagai jenis makanan di daerah sekitar Anda. Foodspotting merekomendasikan santapan melalui foto dan informasi mereka tentang santapan yang pernah dicoba oleh para pejalan atau foodspotter. Kita bisa membaca komentar dari orang-orang yang pernah mencicip aneka santapan.

Setiap foodspotter juga memiliki halamannya sendiri. Jika Anda telah menikmati hidangan yang direkomendasikan oleh seseorang, Anda dapat mengikuti halaman para foodspotter untuk melihat perjalanan kuliner mereka.

Untuk mengemudi dan perjalanan jauh: Waze

Bagi para pejalan jauh, Waze akan membantu. Aplikasi komunitas yang berbasis peta, informasi lalu lintas, dan navigasi . Para pengemudi di area tertentu dapat membagikan keadaan lalu lintas yang macet secara langsung. Informasi tentang durasi atau waktu tempuh perjalanan yang ditampilkan dapat membantu setiap orang untuk memperkirakan kedatangan. Bahkan, Anda juga dapat menghemat biaya bahan bakar karena panduan jarak terdekatnya.

Untuk kiat warga setempat: Cool Cousin

Salah satu aplikasi terbaru dari daftar ini adalah Cool Cousin. Aplikasi ini dilengkapi dengan peta yang dikuratori oleh warga setempat dari berbagai latar belakang dan industri yang berbeda. Setelah memilih kota unggulan, Anda dapat memilih siapa yang akan menjadi pemandu Anda atau ‘Cool Cousin’.

Sebagai contoh, jika Anda berencana untuk mengunjungi London dan menyukai makanannya, mungkin salah satu dari ‘cousins’ yang seorang foodies dapat membagikan destinasi yang masih sedikit diketahui, hingga restoran favorit mereka. Anda juga dapat mendapatkan sebuah masukkan dari beberapa 'cousins' sekaligus.

Saat ini aplikasi ini masih tersedia untuk iPhone, iPad dan iPod touch. Selain London, kota-kota lain yang tersedia adalah Tel Aviv, Paris, Roma, Berlin, Barcelona, Lisbon dan Rio de Janeiro. Para pengembang peranti ini tengah bekerja untuk menyediakan aplikasi ini dalam versi Android dan berencana untuk menambahkan beberapa kota lagi.

Untuk penyuka kebugaran : Nike Training Club

Dengan lebih dari seribu tempat berolahraga, audio yang jernih, serta panduan visual dari para ahli, aplikasi ini membantu Anda untuk berolahraga di mana saja. Apakah Anda perlu berolahraga dengan alat atau cukup dengan pemandu saja? Urutkan berdasarkan jumlah waktu yang Anda miliki, hingga  tingkat kesulitan yang berbeda.

Untuk pemilik hewan peliharaan: Pet First Aid

Aplikasi ini dibesut oleh American Red Cross, yang diciptakan khusus untuk para pemilik anjing dan atau kucing. Seiring dengan akses instruksi petunjuk pertolongan pertama dan situasi darurat, aplikasi ini dapat sangat berguna ketika Anda berpergian bersama hewan peliharaan.

Para pengguna dapat mengetahui lokasi dokter hewan terdekat. Pet First Aid juga akan membantu Anda untuk menemukan hotel yang membolehkan hewan peliharaan berada di dalamnya, didukung oleh BringFido. Ada pula panduan untuk para pemilik hewan selama perjalanan, mulai dari sebelum dan selama berada di mobil, pesawat, atau wisata perahu.

Untuk mengonversi pengukuran mata uang : Convert Any Unit Free

Sederhana namun cakupannya luas. Aplikasi ini sangat membantu dalam menghitung konversi secara cepat. Dengan lebih dari 5.900 unit dalam 44 kategori, Anda akan dengan mudah membandinkan mata uang atau mengonversi bolak balik dari sistem metrik. Aplikasi ini hanya tersedia pada iPhone, iPad, dan iPod touch.

(Nisrina Darnila. Sumber: Andrew Villagomez)

KOMENTAR