Sejumlah Kematian Anak-anak dan Remaja Amerika Disebabkan oleh Kanker Otak

2016 / September / 20   18:32

Sejumlah Kematian Anak-anak dan Remaja Amerika Disebabkan oleh Kanker Otak

Beberapa kasus kematian yang menghampiri hidup anak-anak dan remaja di Amerika Serikat disebabkan oleh kanker, terutama kanker otak.

Sejumlah Kematian Anak-anak dan Remaja Amerika Disebabkan oleh Kanker OtakOtak manusia. (Thinkstock)

Pemerintah Amerika Serikat mengeluarkan data terbaru terkait kanker. Sebanyak 20 persen kematian anak-anak dan remaja di Amerika Serikat disebabkan oleh kanker.

Laporan yang dirilis pada Jumat lalu, mengungkapkan bahwa tingkat kematian kanker yang terjadi pada anak-anak dan remaja antara usia 1 hingga 19 tahun terjadi secara signifikan dari tahun 1999 hingga 2014. Kematian pada pria muda lebih tinggi dibandingkan wanita.

Laporan tersebut datang dari peneliti di National Center for Health Statistics dari U.S. Centers for Disease Control and Prevention’s (CDC). Laporan menunjukkan bahwa pada tahun 1999, 2006, dan 2014, remaja antara usia 15-19 memiliki tingkat kematian akibat kanker paling tinggi. Periode ini tingkat kematian jatuh pada angka 22 persen.

Setengah dari jumlah kematian akibat kanker pada orang-orang muda disebabkan oleh leukimia atau kanker otak. 

Tahun 2014, peneliti melaporkan bahwa kanker otak berada di atas leukimia sebagai penyebab utama kematian akibat kanker yang terjadi di antara anak-anak dan remaja Amerika.

Meskipun belum ada peneliti yang mampu secara spesifikasi melaporkan mengapa kanker otak menjadi penyebab terbesar kematian akibat kanker di Amerika, namun mereka menuliskan bahwa kemajuan terbesar terjadi pada proses penyembuhan sejumlah jenis kanker, terutama leukimia.

Pengembangan pengobatan terbaru diharapkan akan mampu menekan angka jumlah kematian akibat kanker setiap tahunnya.

(Annisa Hardjanti. Sumber: Alexandra Sifferlin/Time.com via Health.com)

KOMENTAR