Kampung di Perancis Ini Khusus Penderita Alzheimer
2016 / September / 28   18:00

Kampung di Perancis Ini Khusus Penderita Alzheimer

Sebuah desa atau perkampungan khusus untuk para pasien penyakit alzheimer dan demensia segera dibuat di Prancis. Apa saja fasilitas yang ada di sana?

Kampung di Perancis Ini Khusus Penderita AlzheimerPenyakit Alzheimer adalah jenis demensia paling umum yang awalnya ditandai oleh melemahnya daya ingat, hingga gangguan otak dalam melakukan perencanaan, penalaran, persepsi, dan berbahasa. (Express.co.uk/Getty Images)

Pembangunan perkampungan ini tak terlepas dari penelitian teranyar yang menunjukkan bahwa kualitas dan atmosfer bangunan atau kondisi lingkungan perumahan bisa memperlambat penyakit alzheimer dan demensia serta memberikan kesehatan yang lebih baik.

Desain perkampungan atau desa ini diciptakan oleh NORD Architects dengan konsep membuat tempat di mana pasien atau penderita alzheimer dan dementia bisa menemukan kedamaian dan kenyamanan.

Proyek ini baru saja memenangkan kompetisi internasional untuk gedung atau rumah baru bagi penderita kedua penyakit yang menyerang fungsi memori otak tersebut.

Berlokasi di pusat kota Dax, Prancis, perkampungan ini memberikan pendekatan baru dalam hal penciptaan fasilitas kesehatan dengan mengajak arsitek yang telah berpengalaman merancang infrastruktur kesehatan.

Bangunan-bangunan di perkampungan ini bakal dirancang untuk menghormati kebutuhan personal dan privasi pasien sehingga memberikan atmoster seperti di rumah yang terbukti bisa membantu pasien alzheimer dan demensia.

Sebagai tambahan terhadap potensi terapisnya, pengembangan proyek ini akan menggunakan penanganan dan pembiayaan medis yang lebih rendah.

Untuk semakin menambah kualitas keintiman dan atmosfer selayaknya di rumah, proyek ini memfasilitasi semua hal yang dibutuhkan pasien dengan kerabatnya seperti toko lokal, tempat pangkas rambut, restoran, dan pusat budaya.

(Ridwan Aji Pitoko / www.inhabitat.com via Kompas.com)

KOMENTAR