Gigi Piranha Vegetarian ini Mirip Gigi Manusia

2016 / Agustus / 15   12:23

Gigi Piranha Vegetarian ini Mirip Gigi Manusia

Ikan tersebut adalah Red-bellied pacus (Piaractus brachypomus) dan masih memiliki hubungan dengan piranha. Berbeda dengan piranha lainnya, mereka vegetarian.

Gigi Piranha Vegetarian ini Mirip Gigi ManusiaPiranha (Thinkstock)

Secara luar biasa, ikan dari Amerika Selatan dengan gigi yang mirip dengan gigi manusia muncul di Michigan.

Ikan tersebut adalah Red-bellied pacus (Piaractus brachypomus) dan masih memiliki hubungan dengan piranha. Berbeda dengan piranha lainnya, mereka vegetarian.

Pacus populer di kalangan pemilik akuarium sebagai ikan dengan gigi yang tidak biasa karena mirip dengan gigi manusia. Namun baru-baru ini, Pacus ditemukan di lokasi yang tidak semestinya yaitu Danau St. Clair dan Pelabuhan Huron di Michigan, dimana tiga pacus ditangkap saat bulan Juli.

Pacus hampir diperkenalkan pada danau oleh pemiliknya yang memelihara mereka sebagai hewan peliharaan, berdasarkan penyataan yang dirilis pada 9 Agustus oleh Michigan Departement of Natural Resources (DNR).

Ikan Pacus merupakan hewan asli sungai Amazon dan Orinoco. Tubuh mereka mirip dengan piranha bergigi tajam, namun gigi mereka hanya untuk memakam tumbuhan dalam sungai dan kacang.

Pacus mampu tumbuh sekitar 89 sentimeter. Pemilik ikan akan memelihara mereka untuk menikmati tubuhnya yang eksotik, sebelum akhirnya dilepas kembali ke alam liar.

Suhu yang hangat menjadi hal yang paling vital bagi ketahanan hidup Pacus. Hal tersebut yang kemudian mengundang pertanyaan bagaimana mereka mampu melakukan invasi di perairan Michigan yang memiliki air dingin.

Namun bagaimanapun, melepas hewan peliharaan ke alam liar tak hanya akan membahayakan hewan itu, namun juga berujung pada kematian.

Ikan ini ditemukan sebelumnya di perairan Michigan, namun untuk pertama kalinya orang-orang menangkap tiga sekaligus dalam seminggu, menurut Nick Popoff, ahli biologi.

"Suhu pacus biasanya berada di wilayah tropis, dan Michigan bukanlah daerah tropis," ujar Popoff. "Mereka tidak akan sanggup bertahan hidup dalam musim dingin, jadi kami mengira ini bukan sebuah aksi invasi mereka. Kami meyakini mereka dilepas oleh pemilik mereka ke alam liar."

Ikan mas yang dilepas pemilik mereka di Danau Michigan, tidak seperti pacus, mereka mampu bertahan bertahun-tahun bahwa berhasil berkembangbiak.

"Kami telah mereproduksi ikan mas di Danau Erie dan Danau St. Claire," jelas Popoff. "Mereka adalah contoh ikan akuarium yang terbentuk secara alami dalam melakukan reproduksi populasi spesies mereka."

"Invasi spesies secara ekstrim berbahaya. Namun pesan yang hendak disampaikan lebih mengarah pada tanggung jawab individu," ujar Popoff. "Melepas ikan ke alam liar sama saja Anda membunuh mereka, meskipun Anda berpikir sebaliknya."

(Annisa / sumber: Mindy Weisberger/Live Sciences)

KOMENTAR